6 Cara Mudah Mengelola Keuangan Rumah Tangga

6 Cara Mudah Mengelola Keuangan Rumah Tangga

3809
0
SHARE
Jika merasa sulit mengatur pengeluaran bulananmu, cobalah 6 cara mudah mengelola keuangan berikut.

Mengelola keuangan memang susah-susah gampang. Sahabat Mapan mungkin pernah merasa kalau pendapatan kamu selalu saja tidak mencukupi berbagai pengeluaran rumah tangga. Seberapa besar pun penghasilan kamu, ternyata masih saja tetap kekurangan uang di akhir bulan. Bisa jadi masalah utamanya bukan terletak pada berapa besarnya penghasilan, tetapi seberapa pandai kamu mengelola keuangan kamu. Jika kamu masih merasa sulit untuk mengatur pengeluaran, cobalah beberapa cara berikut ini.

1Hitung seluruh pendapatan dan pengeluaran keluarga dengan teliti.

Jangan sampai kamu tidak tahu berapa besar pendapatan yang kamu dapat tiap bulan, jumlah tagihan listrik atau air, jumlah belanja bulanan baik untuk pribadi atau pun modal usaha, dan biaya lainnya. Kamu harus tahu seluruh pemasukan dan pengeluaran keluarga setiap bulannya, bahkan sampai biaya terkecil sekalipun, jadi kamu bisa memperhitungkan berapa kisaran pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

2Buat anggaran pengeluaran selama sebulan ke depan.

Setelah mengetahui semua sumber pengeluaran, saatnya membuat perencanaan keuangan untuk sebulan ke depan. Buat rencana keuangan yang realistis, namun jangan sampai melupakan kebutuhan diri sendiri. Kamu juga perlu lho memasukkan dana liburan untuk memanjakan diri dan keluarga kecilmu. Yang penting kamu harus patuh dengan anggaran yang telah kamu bikin.

3Bedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Jangan sampai terjebak ya Sahabat Mapan! Karena kedua hal ini terlihat sangat mirip, tak jarang kita mengeluarkan uang untuk hal yang tak terlalu penting dan hanya didorong oleh keinginan, bukannya kebutuhan. Buatlah daftar belanja berupa tabel yang berisi kolom nama barang, kebutuhan, dan keinginan. Ajak pasangan untuk mendiskusikan daftar ini. Beri tanda ceklis (V) pada kolom ‘kebutuhan’ untuk barang yang kamu butuhkan atau kolom ‘keinginan’ untuk barang yang kamu inginkan. Pertimbangkan dengan baik mana saja benda atau hal yang perlu kamu beli atau tidak.

4Hindari hutang.

Pernah mendengar istilah “gali lubang tutup lubang”? Pastinya, tidak ada orang yang ingin mengalami pola hidup demikian. Masa depan suram dan pusing setiap akhir bulan? Jangan sampai hal ini datang ke dalam kehidupan kita. Oleh karena itu disarankan untuk mulai mengelola keuangan kamu dari sekarang agar ke depannya kamu dapat hidup sejahtera. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai berhemat, memangkas semua pengeluaran yang tak perlu, dan prioritaskan untuk melunasi hutang yang ada, jangan menambah hutang baru.

5Tetapkan tujuan jangka panjang.

Susun target keuangan yang ingin kamu capai di masa depan, bersama pasangan. Tetapkan tujuan yang spesifik, realistis, terukur, dan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya kamu dan pasangan menetapkan bahwa 10 tahun ke depan, kamu sudah harus memiliki rumah sendiri, tidak ngontrak lagi. Tujuan ini akan membuat kamu lebih fokus dalam mengelola keuangan dan meminimalisir pengeluaran yang tidak penting.

6Mulailah untuk menabung.

Menabung adalah kunci kesuksesan untuk masa depan. Tapi kebiasaan menabung sering dirasakan sulit untuk dilakukan oleh banyak orang, termasuk diri kita sendiri. Padahal menabung memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti belajar hidup hemat, mencegah berhutang, investasi, dan dapat mengantisipasi keadaan mendadak. Yuk tingkatkan kebiasaan menabung sejak dini!

Yuk, mulai kelola pemasukan dan pengeluaran kamu dari sekarang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY