Apa Itu Kode Verifikasi? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Apa Itu Kode Verifikasi? Yuk, Cari Tahu di Sini!

904
0
SHARE

Modus penipuan yang mengatasnamakan GO-JEK atau MAPAN lagi marak banget terjadi nih. Kamu wajib waspada setiap waktu, ya!

Tukang Tipu alias Kang Tipu ini bakal beraksi dengan modus dan akal bulusnya. Tujuannya tentu saja buat dapetin kode verifikasi/OTP korban. Dengan mengetahui itu semua, Kang Tipu bakal gampang banget masuk ke akun GO-JEK atau MAPAN korban. Lalu, dia bakal menguras habis saldo yang ada di sana. Makannya, kamu wajib menjaga kerahasiaan kode verifikasi/OTP yang jadi incaran para Kang Tipu.

Beberapa dari kamu mungkin penasaran, “Kenapa ya kok kode ini sifatnya rahasia banget?”. Buat menjawab itu semua, simak yuk penjelasan lengkap tentang kode verifikasi/OTP berikut ini!

  1. Kata Sandi Sekali Pakai

Kode verifikasi/OTP adalah kata sandi sekali pakai yang digunakan untuk login ke GO-JEK atau MAPAN. Setiap nomor ponsel pasti memiliki kode yang berbeda untuk keamanan penggunanya.

Masa berlaku kode ini sangat singkat jadi harus langsung dimasukan ketika akan login. Jika waktunya habis, pihak GO-JEK atau MAPAN  akan mengirimkan kode verifikasi baru via SMS.

  1. Berisi 4-6 Kode Unik 

Setelah login ke akun GO-JEK atau MAPAN, kamu akan mendapatkan SMS yang berisi kode verifikasi/OTP. Kode tersebut biasanya berisi 4-6 digit angka yang bersifat unik dan rahasia.

Kode 6 digit akan diterima saat kamu membuat akun baru GO-JEK atau MAPAN. Sedangkan kode 4 digit akan didapatkan jika kamu ingin login.

  1. Digunakan untuk Menjaga Keamanan Data Pengguna

Alasan mengapa kode verifikasi/OTP sifatnya sangat rahasia adalah karena fungsinya yang digunakan untuk menjaga keamanan akun dan data diri kamu. Jika diibaratkan, kode ini sama seperti kunci yang tak bisa kamu berikan ke sembarang orang termasuk pihak GO-JEK atau MAPAN.

Kode verifikasi/OTP rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti Kang Tipu. Banyak kemungkin buruk terjadi kalau kamu memberi tahu kode ini kepada mereka. Mulai dari menyikat abis saldo GO-PAY, pembajakan akun, sampai penipuan yang mengatasnamakan akun kamu. Serem kan!

Wajib diingat GO-JEK atau MAPAN nggak akan meminta kode verifikasi/OTP dengan alasan apapun! Jadi, kalau ada pihak mencurigakan yang meminta kode ini dengan paksa, jangan segan untuk segera melaporakannya ke Melati di 1500127, ya! Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY