Bisnis Online: Raih Barang Impian Lewat Arisan Mapan

Bisnis Online: Raih Barang Impian Lewat Arisan Mapan

5866
0
SHARE
bisnis online
Pemenang Blog Writing Competition - Blogger Gathering Arisan Mapan

Maraknya bisnis online di Indonesia terjadi karena terus meningkatnya jumlah pengguna sosial media dan komunikasi online. Banyaknya pengguna internet aktif di Indonesia membuat bisnis online saat ini terlihat sangat menjanjikan.

Sebenarnya Arisan Mapan sendiri bukanlah murni sebuah bisnis online. Arisan Mapan hadir karena ingin membantu masyarakat Indonesia (saat ini Arisan Mapan baru ada di pulau Jawa dan Bali) untuk mendapatkan kemudahan akses dalam membeli barang impian dibantu oleh para Ketua Arisan Mapan yang bertugas untuk mengelola kelompok arisannya.

Dengan menjadi Ketua Arisan Mapan, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan berupa komisi dari hasil penjualan barang di Arisan Mapan yang kamu tawarkan ke anggota arisan. Proses pendaftaran dan pemilihan barang di Arisan Mapan pun dilakukan dalam sebuah aplikasi. Jadi, tentu saja berbeda dengan bisnis online yang saat ini banyak berkembang di Indonesia.

Hari ini saya ingin berbagi tulisan keren tentang Arisan Mapan dari salah satu pemenang Blog Writing Competition yang hadir di acara Blogger Gathering Arisan Mapan beberapa waktu lalu. Berbeda dengan bisnis online kebanyakan, kamu bisa menyimak bagaimana pemahaman Uli Hartanti, sang penulis, mengenai Arisan Mapan secara detail. Dijelaskan pula tentang bagaimana proses mendaftar dan membayar setoran di Arisan Mapan. Yuk, langsung simak saja tulisan dari Mbak Uli di bawah ini 🙂


Arisan Mapan : Solusi Mudah Memiliki Barang Impian

30 Maret kemarin saya berkesempatan menghadiri undangan PT. RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda) untuk membahas salah satu produk mereka yang bernama “Arisan Mapan”. Saya tertarik untuk hadir karena sebelumnya beberapa bulan lalu di beranda Facebook saya selalu ada Fan Page Arisan Mapan, awalnya saya berpikir ini adalah sejenis usaha MLM karena gambarnya selalu seseorang yang memegang lembaran rupiah, so mumpung ada undangannya kenapa tidak saya cari tahu saja apa maksud dari Arisan Mapan ini.

Berlokasi di kawasan Blok M maka tidak susah untuk menemukan tempat ini, dari tata ruang terlihat seperti baru akan digunakan, dan akhirnya sayapun bisa bergabung bersama rekon blogger lainnya , dengan situasi santai acarapun dimulai, dan akhirnya saya kembali bangga pada anak bangsa negara ini. Setelah melihat CEO bukalapak, CEO Gojek dan CEO Ruang Guru ternyata CEO Arisan Mapan inipun sama muda nya dengan CEO lainnya, muda, keren dan smart! Dan kerennya guys lagi kita mempunyai pilihan untuk memounyai penghasilan tambahan hanya dengan menjadi ketua arisan, hah?
Jadi Arisan Mapan adalah produk layanan arisan barang yang memudahkan masyarakat meraih barang impian dengan lebih mudah, aman dan nyaman. Arisan Mapan ini sudah ada sejak tahun 2009 dan hingga kini sudah ada 50 cabang dengan puluhan ribu ketua arisan dan sementara ini tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Jangan khawatir dengan Arisan Mapan karena PT RUMA sudah terdaftar di Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pedagang Langsung Indonesia (APLI), PT RUMA sendiri adalah perusahaan berbasis teknologi dengan misi sosial bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah agar dapan hidup mapan dan mempunyai daya saing.
Lalu bagaimana cara kerja Arisan Mapan?
Nah seperti arisan pada umumnya maka kita butuh yang namanya orang yang mau bertugas mengumpulkan dana, disini kita sebut dengan “Ketua Arisan”. Ketua arisan harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu dan ini tanpa biaya, cukup klik websitenya di www.mapan.id, ikuti petunjuk formulir, setelah resmi terdaftar maka ketua arisan harus mencari anggotanya, minimal satu kelompok ada 5 anggota yang ingin membeli barang. Andai ketua tak ingin membeli barang maka ini tidak jadi masalah, ketua arisan tugasnya hanya mengelola kelompok dan tentunya akan menerima sejumlah benefit yaitu berupa keuntungan sebesar 5% – 10% dari harga barang yang dibeli anggotanya. Setelah menjadi ketua maka pihak arisan mapan akan memberikan katalog yang berisikan beragam jenis barang yang ditawarkan lengkap dengan besarnya iuran arisan. Katakan saya sendiri akan menjadi ketua arisan lalu saya akan mengajak teman atau siapa saja yang ingin ikut dengan menawarkan katalog, maka setalah ada 5 orang yang akan membeli barang yang saya lakukan adalah :
  • Menentukan lamanya periode arisan, apakah mingguan atau bulanan. Lama arisan tentu sesuai jumlah anggota kelompok 5, 10 dan maksimal 15 orang atau 15 putaran. Bila mingguan maka kelima anggota harus sepakat dengan mingguan
  • Menentukan setiap tanggal atau hari apa iuran disetorkan. Hal ini penting karena barang akan diterima 3-10 hari setelah pembayaran, dan bila ada keterlambatan pembayaran maka status akun ketua arisan akan suspend, dimana setiap anggota akan mengetahui hal ini dari sms yang dikirimkan PT RUMA ke seluruh anggota arisan.
  • Setiap anggota bebas memilih apa saja barang yang diinginkannya, tanpa ada batasan nominal uang yang harus ditentukan

Cukup mudah memang, seperti arisan lainnya maka modal utamanya adalah kepercayaan, bila ketua bermasalah maka anggota akan rugi, sebaliknya bila anggota bermasalah maka beban akan menjadi milik ketua arisan. Pada acara siang itu ternyata ada seorang ketua arisan yang sharing ceritanya, beliau adalah ibu Yulia sudah hanya dalam waktu 3 bulan sudah memiliki 20 kelompok, wow amazing right! Katanya gak repot kok, cuman daftarin selanjutnya yang gerakkan PT RUMA, barang tinggal pilih lalu tanpa ada biaya kirim maka barang akan langsung sampai kepada alamat ketua arisan. Dari pengalaman bu Yulia ada beberapa poin yang menjadi kehandalan arisan mapan ini yaitu :

  1. Tidak repot, cukup daftarkan kelompok maka yang mengocok arisan adalah PT RUMA, melalui sms kita akan tahu siapa yang mendapat giliran.
  2. Barang diantar sampai lokasi dengan spesifikasi yang sama yang disediakan pada katalog, bila salah maka akan ada kurir yang mengambil dan bisa ditukar kembali
  3. Harga barang terjangkau dan berkualitas
  4. Ketua arisan akan mendapatkan keuntungan
  5. Bila ada keluhan cukup hubungi penyuluh online dan ketua arisan akan dibantu dengna hati, seperti motto nya Melati (melayani dengan hati)

Dan saya pun melihat beberapa barang elektronik pada katalog, harganya memang tidak semahal dengan mengkredit, dan garansi toko juga diberikan, jadi saya bisa percaya bahwa arisan mapan memang niatnya adalah membantu saudara-saudara dipelosok untuk bisa mendapatkan barang impian dengan mudah dan terjangkau.

Kamu tertarik menjadi ketua arisan? Caranya gampang :
1. Daftarkan diri di www.mapan.id
2. Daftarkan minimal 5 anggota dengan berbagai pilihan barang impiannya dan sepakati lamanya periode arisan
3. 7 hari sebelum jadwal setoran maka ketua akan di sms siapa pemenang arisan minggu atau bulan ini
4. Bayar setoran via transfer ATM
5. Terima bonus, ketua arisan akan menerima bonus apabila iuran arisan telah selesai dibayarkan dan bonus ini bisa dicairkan, atau ingin dibelikan produk lain dalam katalog atau bahkan untuk membayar setoran arisan.
So, ingin membeli barang impian? Pilih Arisan Mapan, gak pake ribet dan cepat , bersama menjadi terjangkau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY