Inspirasi Usaha: Resep Bolu Kukus Mekar

Inspirasi Usaha: Resep Bolu Kukus Mekar

17760
1
SHARE

Bolu kukus merupakan salah satu jajanan pasar yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga lansia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat resep kudapan lezat ini banyak dicari orang. Di internet sudah banyak orang yang membagikan resep bolu kukus.

Banyaknya orang yang suka dengan bolu kukus, membuat kudapan yang satu ini cocok untuk dijadikan usaha rumahan. Namun untuk membuat bolu kukus mekar sempurna juga ternyata tidak semudah itu lho Sahabat Mapan.

Setelah mencari, bertanya, dan meminta pendapat ke sana ke mari, akhirnya saya pun menemukan salah satu resep bolu kukus mekar anti gagal. Kamu juga pasti udah nggak sabar pengen nyobain resep Bolu Kukus Mekar ini kan? Yuk, langsung kita coba saja resepnya di sini.

Bolu Kukus Mekar

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 1 sdt vanilli
  • 1/2 sdm Ovalet
  • Secukupnya pasta pandan dan pewarna makanan merah

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan, selain pasta pandan dan pewarna makanan, jadi satu ke dalam mangkuk besar. Aduk dengan menggunakan mixer, gunakan kecepatan tinggi hingga adonan memutih, kental dan kaku selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Tes adonan dengan sendok, jika jatuhnya lama, maka adonan sudah kaku.
  2. Pindahkan sebagian adonan ke dalam 2 mangkuk sedang. Lalu teteskan pasta pandan dan pewarna merah pada masing-masing adonan, aduk hingga warna tercampur dengan sempurna.
  3. Siapkan cetakan bolu kukus yang tinggi dan memiliki banyak bolongan di pinggiran dan bawahnya. Letakkan paper cup ke dalam cetakan satu persatu.
  4. Panaskan pengukus dengan air yang rendah. Air tidak boleh mengenai cetakan bolu kukus agar tidak bantat di bagian bawahnya. Gunakan api besar hingga mendidih dan kukusan mengeluarkan banyak uap. Lapisi tutup panci dengan serbet tebal yang telah dibasahi air agar tetesan air tidak membasahi bolu kukus dan merusak adonan.
  5. Sambil menunggu air, masukkan adonan warna putih ke dalam cetakan hingga hampir penuh agar bolu mekar sempurna, lalu tambahkan 1 sendok adonan pandan di bagian atasnya. Lakukan hal yang sama untuk memasukkan 1 sendok adonan berwarna merah.
  6. Jika air telah mendidih dan mengeluarkan banyak uap, masukan adonan ke dalam panci pengukus. Kukus selama 20 menit. Tunggu dan jangan buka tutup panci agar bolu tidak bantat.
  7. Setelah matang, angkat bolu dan tiriskan. Bolu kukus cantik siap dihidangkan!

Gampang banget kan bikinnya? Bahannya mudah dicari dan hasilnya, bisa kamu lihat sendiri. Yuk, share hasil bolu kukus buatanmu di kolom komentar 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY