#JanganKenaTipu! 3 Modus Kang Tipu Ini Wajib Kamu Tau

#JanganKenaTipu! 3 Modus Kang Tipu Ini Wajib Kamu Tau

90
0
SHARE

Tahukah kamu? Aksi penipuan digital yang mengatasnamakan GO-JEK atau MAPAN lagi marak terjadi lho.  Pelakunya tentu tak lain dan tak bukan adalah Si Kang Tipu. Banyak banget modus atau aksi yang mereka lakukan untuk ngibulin para korban. Mulai dari menelepon, mengiming-imingi hadiah, mengancam, dan masih banyak lagi.

Perlu kamu tahu, Kang Tipu ini cuma kepingin mengincar kode verifikasi/OTP yang sifatnya SANGAT RAHASIA. Dengan begitu, Kang Tipu bisa sikat abis saldo yang ada di akun GO-PAY atau MAPAN kamu. Duh, ngeselin banget ya!

Kang Tipu bisa beraksi kapan saja melalui banyak media. Kamu atau anggota arisan mungkin bisa jadi salah satu orang yang dia incar. Tapi, tenang dan nggak perlu khawatir! Kamu bisa kok mencegah aksi Kang Tipu ini.

Caranya adalah dengan mengetahui macam-macam modus penipuan yang biasa dia lakukan seperti ini.

  • Modus Menang Undian atau Bonus

Menipu korban dengan mengiming-imingi hadiah atau bonus adalah aksi yang paling sering dilancarkan Kang Tipu. Menurut dia, jadi Pemberi Harapan Palsu (PHP) adalah cara paling manjur dan efektif buat mengelabui korban.

Terkadang Kang Tipu nggak segan buat ngirim sejumlah saldo terlebih dahulu ke akun GO-PAY korban. Tujuannya ya biar si korban makin percaya dan nggak curiga sama sekali. Setelah itu, dia bakal minta kamu buat ngasih kode verifikasi/OTP atau mungkin nomor rekening.

Karena iming-iming hadiah, para korban PHP biasanya gampang tergiur dan mau nurutin semua perintah Kang Tipu itu. Kalau udah begini, Kang Tipu bakal gampang banget masuk ke akun GO-JEK atau MAPAN korban. Kemudian, dia kuras habis deh saldo yang ada di sana.

  • Modus Kode Verifikasi Nyasar 

Untungnya modus menang undian udah sering dipake sama dia.  Jadi, makin banyak orang yang curiga sama Kang Tipu dan nggak mau nurutin semua akal bulusnya.

Sayangnya, Kang Tipu ini masih cukup cerdik cari celah buat nipu orang. Modus lain yang dia lakukan buat minta kode rahasia kita adalah dengan pura-pura jadi sesama pengguna GO-JEK atau MAPAN. Lalu, dia bakal bilang kalo kode verifikasinya nyasar ke nomor korban.

Biasanya sih mereka bakal modus pake nada sedih dan bilang butuh banget kodenya buat akses akun GO-JEK dan bayar setoran Arisan Mapan. Hasilnya, korban jadi merasa kasihan terus nggak pikir panjang deh buat ngasih kode verifikasi/OTP ke Kang Tipu.

  • Modus Pembaruan Sistem Aplikasi

Modus Kang Tipu selanjutnya adalah pura-pura jadi pegawai GO-JEK atau MAPAN. Dia akan bilang kalau ada pembaruan sistem aplikasi di akun korban.

Sama seperti modus-modus lainnya, dia bakalan minta kode verifikasi/OTP korban. Biasanya dia akan ngancem buat blokir akun GO-JEK atau MAPAN kalau nggak dikasih kode rahasianya.

Cara kayak begini cukup efektif bikin korban nurut lho. Nggak perlu heran. Pasti banyak yang takut dan khawatir kalau nggak bisa pakai aplikasi GO-JEK dan MAPAN  lagi.

Udah tau kan modus apa aja yang sering dipake sama Kang Tipu? Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan kode verifikasi/OTP akun kamu, ya. Pihak GO-JEK atau MAPAN nggak akan pernah meminta kode rahasia tersebut untuk kepentingan apapun.

Ingat! Kalau ada yang modusin kamu pakai cara-cara di atas, langsung dimatiin aja deh teleponnya. Jangan sampai kamu terkecoh dan akhirnya ngasih kode verifikasi/OTP ke Kang Tipu tersebut.

Jangan lupa juga buat langsung lapor ke Melati di 1500127, ya! Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY