Mapan Mendengar Keluhanmu MUM!

Mapan Mendengar Keluhanmu MUM!

2713
1
SHARE

Di tengah pandemik seperti sekarang, tak sedikit kenalan dan orang terdekat MUM yang terkena dampak, terutama dari sisi ekonomi. Banyak anggota yang usahanya tutup, pendapatan berkurang dan tak sedikit pula yang menjadi tulang punggung keluarga terkena PHK akibat COVID-19 ini. Hal ini menyebabkan sebagian anggota tidak bisa membayar setoran arisannya tepat waktu. MAPAN mendengarkanmu MUM!

Menjawab keresahan MUM di tengah pandemik COVID-19, mulai 1 April 2020, MAPAN meluncurkan program Bantuan Komunitas Mapan. Setiap pembayaran kelompok arisan melalui gopay, MAPAN akan menyisihkan Rp 10.000,- untuk Bantuan Komunitas Mapan

Bantuan Komunitas Mapan ini diberikan untuk membantu anggota yang kesulitan membayar setoran arisan karena dampak Coronavirus seperti usaha tutup, berkurangnya pemasukan, terkena PHK, dan lainnya. Bantuan berupa Saldo Gopay dan dikirimkan ke MUM yang mengajukan Bantuan Komunitas Mapan. MUM dapat menghubungi Kader atau Area Manager Mapan yang ada di daerahmu untuk pengajuan bantuan. Berikut adalah mekanisme pengajuan Bantuan Komunitas Mapan:

  1. Mapan akan memberikan bantuan komunitas yang akan dikelola oleh Kader dan Area Manager Mapan (di daerah yang tidak ada Kader)
  2. Setiap Kader dan Area Manager yang telah mengajukan permintaan bantuan sesuai prosedur dan disetujui oleh Mapan, akan mendapatkan bantuan komunitas sesuai alokasi yang ditetapkan (sesuai dengan jumlah kocokan kelompok aktif di bulan April yang jatuh tempo dan dibayarkan melalui Gopay).
  3. Anggota mengajukan ke MUM dan MUM mengajukan ke Kader/Area Manager di WA Group Kecamatan jika ada anggota yang kesulitan membayar setoran
  4. Kader/Area Manager mendiskusikan di WA Grup Kecamatan apakah anggota tersebut berhak mendapatkan bantuan/tidak
  5. Jika seluruh anggota WA Grup setuju, maka Kader/Area Manager mengajukan bantuan dengan mengisi formulir pengajuan di link Pengajuan Bantuan Komunitas Mapan.  
  6. Pengajuan tidak berlaku untuk kocokan yang jatuh tempo pada minggu tersebut, Pengajuan hanya berlaku untuk kocokan yang jatuh tempo 10 hari sejak diajukan.
  7. Maksimal pengajuan dari Kader sesuai dengan alokasi masing-masing. 
  8. MUM harus memiliki minimal 3 kelompok aktif di bulan April untuk bisa mengajukan Bantuan Komunitas Mapan.

MUM yang anggota di kelompoknya butuh bantuan, bisa menginformasikan melalui WA Group Kecamatan maksimal setiap Rabu, untuk kocokan Kamis sampai Rabu di minggu depannya (pengajuan tanggal 1 April untuk kocokan 9 – 15 April). Pastikan kamu mengisi sesuai format chat berikut di Whatsapp:

Nama MUM:
No HP MUM dan screenshot akun Gopay MUM:
Kode MUM:
Nama Kelompok:
Tanggal Setoran:
Nama Member yang mengajukan Bantuan Komunitas Mapan:
Foto member:
Nominal Bantuan Komunitas Mapan: 
Alasan Pengajuan:
Tanggal Pengembalian Bantuan Komunitas Mapan: 

Pastikan kamu mengajukan nama anggotamu sebelum hari Rabu di setiap minggunya ya MUM! Bantuan Komunitas Mapan akan dikirimkan ke akun GoPay MUM di setiap hari SELASA setelah pengajuan dan dinyatakan lolos proses verifikasi oleh Mapan. Lalu, apa yang harus MUM lakukan ketika sudah menerima bantuan?

  1. Segera info ke Grup Whatsapp dengan format berikut:
    Nama MUM:
    Nama Kelompok Arisan :
    Tanggal Setoran:
    Nama anggota yang mengajukan Bantuan Komunitas Mapan:
    Anggota foto dengan form Tanda Terima Bantuan Komunitas Mapan:
    
    Klik link Form Tanda Terima Bantuan Komunitas Mapan
  2. Area Manager/Kader melaporkan via Google Form selambatnya 3 hari setelah MUM menerima Bantuan Komunitas Mapan

Ketika sudah melewati masa krisis dan anggota bisa mengembalikan dana tersebut untuk membantu anggota lain yang terkena dampak coronavirus. Berikut adalah mekanisme pengembalian dana bantuan:

  1. MUM yang mengajukan Bantuan Komunitas Mapan, dapat mengembalikannya  sesuai dengan nominal pengajuan dan tanggal komitmen pengembalian tanpa ada tambahan biaya apapun ke rekening BCA 035 3146 111 a.n. PT Rekan Usaha Mikro Anda. Jika tidak memiliki rekening bank, MUM bisa mengembalikan melalui kader.
  2. MUM melaporkan bukti pengembalian Bantuan Komunitas Mapan ke grup whatsapp.
  3. Bantuan Komunitas yang dikembalikan akan digunakan kembali untuk membantu MUM dan anggota lainnya yang membutuhkan bantuan.

Tak hanya itu saja, MAPAN juga memberikan kelonggaran pembayaran arisan melalui fasilitas Cuti Kocokan Arisan (CUCOK). MUM dapat mengajukan dengan deskripsi ingin memundurkan kocokan arisan. Pengajuan tiket bisa dibuat melalui channel berikut:

  • Halaman bantuan di Aplikasi Mapan, caranya:
    1. Masuk ke aplikasi Mapan
    2. Klik bantuan (klik gambar “?”) 
    3. Pilih kategori “lainnya” 
    4. Di bagian deskripsi tuliskan format ini: “Bantuan#no HPterdaftar#cutikocokan#nama group arisan “
  • WA Melati di nomor HP di 0815 1 1500127, caranya:
    • ketik Format: Bantuan#no Hp terdaftar#cutikocokan#nama group arisan

Hal yang perlu MUM ingat adalah, kelompok yang tanggal kocokannya bisa mundur HANYA yang kocokannya belum keluar, PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM TANGGAL KOCOKAN, dengan syarat dan ketentuan berikut:

  1. Tanggal pertama kali pengajuan adalah 6 April 2020 untuk kocokan pertama tanggal 13 April 2020, setiap hari hanya sampai jam 15.00 wib.
  2. Kelompok yang bisa menerima fasilitas CUCOK hanya kelompok dengan tanggal kocokan mulai dari tanggal 13 April 2020. 
  3. Untuk yang tanggal kocokan sebelum tanggal 13, maka hanya kocokan selanjutnya yang bisa dimundurkan.
  4. Maksimal 3 kelompok per MUM dalam 1 bulan yang bisa menerima fasilitas CUCOK.
  5. MUM dapat memundurkan tanggal kocokan selama 2 bulan kebelakang.
  6. Satu kelompok hanya bisa memundurkan tanggal kocokan 1x
  7. Berlaku untuk semua kocokan, dari kocokan pertama hingga kocokan terakhir
  8. Berlaku untuk semua MUM
  9. Pengajuan maksimum 7 hari sebelum tanggal kocokan. Pengajuan pertama bisa di mulai tanggal 13 April 2020.
  10. Jika MUM sudah mengajukan mundur kocokan, maka MUM tidak boleh mengajukan perubahan kembali. 
  11. MUM tidak bisa mengganti group yang sudah diajukan mundur kocokan.

Setelah Tiket sudah diproses, maka MUM akan di update di aplikasi MAPAN. Semoga informasi ini bisa menjawab dan menjadi solusi ya MUM! Jaga kesehatan dan tetap semangat MUM!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY