Jangan Salahkan Rice Cooker! Ternyata Ini Lho Penyebab Nasi Cepat Basi

Jangan Salahkan Rice Cooker! Ternyata Ini Lho Penyebab Nasi Cepat Basi

Penggunaan rice cooker memang sangat membantu ibu-ibu atau bahkan anak kost dalam memasak nasi karena tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Namun, ibu-ibu pasti suka heran deh, kenapa kalau memasak atau menghangatkan nasi dengan rice cooker mudah basi, berwarna kuning atau bahkan teksturnya kadang terlalu lembek, kering atau bahkan keras?

22594
0
SHARE

Di zaman yang serba canggih sekarang ini, memasak dan menghangatkan nasi bisa lebih praktis dengan adanya rice cooker. Alat rumah tangga yang ini memang wajib ada di dapur karena masak nasi tak butuh waktu yang lama.

Tapi, Sahabat Mapan pasti suka heran deh, kenapa kalau masak nasi atau menghangatkannya dengan rice cooker, suka jadi cepat basi, berwarna kuning atau bahkan teksturnya kadang terlalu lembek? Sedangkan nasi yang kita beli di warung dan restoran biasanya tahan meskipun tidak disimpan dalam lemari es.

Terus, bagaimana dong agar nasi yang kita masak di rumah dan dihangatkan dengan rice cooker bisa seperti yang kita beli di warung?

Buat kejadian kayak di atas, tim Arisan Mapan akan memberitahukan kepada kamu penyebab nasi cepat basi ketika memasak atau menghangatkan dengan rice cooker.

Apakah kapasitas listrik di rumah kamu cukup untuk rice cooker?

Biasanya rice cooker yang ada di pasaran menggunakan tegangan 220V. Nah tegangan ini, rice cooker akan mampu memanaskan nasi dengan suhu 75°C – 80°C.

Jaid, kalau rumah kamu sering atau bahkan ada gangguan pada listrik yang menyebabkan tegangan listrik turun hingga 180V atau bahkan bisa lebih rendah lagi, maka suhu pada rice cooker pun akan terganggu.

Nah, ini lah yang bisa buat tekstur nasi yang kamu masak di rice cooker jadi bermasalah. Kalo lampu di rumah sering kedip-kedip, itu tandanya listrik di rumahmu tidak stabil. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memakai stabilizer listrik untuk peralatan elektronik seperti rice cooker atau komputer 😉

Penutup kurang rapat

Sahabat Mapan, sebelum menyalahkan rice cooker yang digunakan bermasalah atau tidak, alangkah baiknya periksa kembali pada bagian penutup rice cooker.

Pastikan penutupnya dapat menutup rapat rice cooker setelah kamu mengambil nasi. Sebab, udara dalam rice cooker sangat membantu agar nasi tetap hangat.

Jika lupa menutupnya dengan rapat maka rice cooker akan kesulitan mempertahankan suhu dan membuat nasi cepat berair dan basi.

Selain itu, pastikan juga pada pinggiran rice cooker tidak ada sisa-sisa nasi yang mengganjal.

Ketahui jenis beras yang dipakai

Gak bisa diragukan lagi kalau jenis beras yang dipakai ternyata juga menjadi penentu apakah nasi yang kamu masak akan cepat basi atau tidak.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan sehari-hari:

  1. Pilih beras yang berkualitas bagus dan jangan lupa cuci beras sebelum dimasak.
    Pastikan beras dibilas berulang-ulang hingga airnya menjadi bening. Kalau airnya masih keruh tandanya beras masih kotor. Nasi yang dimasak dengan air kurang bersih akan mengakibatkan kualitasnya menurun sehingga bakteri mudah menyatu. Ini lah yang bisa membuat nasi kamu akan memiliki aroma yang tidak sedap dan menyebabkan nasi cepat basi.
  2. Jangan memasukan air terlalu banyak dan gunakan gelas takar saat masak nasi dengan rice cooker.
    Biasakan gunakan gelas takar yang tersedia. Gelas takar ini sudah dibuat sesuai prosedur yang pas dalam penanakan nasi dan pastinya menghindari nasi terlalu lembek atau keras, karena nasi yang lembek terbukti cepat basi.
  3. Sahabat Mapan juga bisa loh menambahkan jeruk nipis atau jeruk lemon yang terbukti mengandung kadar asam yang alami.
    Kadar asam pada jeruk nipis atau jeruk lemon inilah yang mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker yang secara otomatis membuat nasi jadi awet tanpa mengubah rasa nasi tersebut.
    Pilihan lainnya, Sahabat Mapan juga bisa gunakan daun pandan atau daun salam untuk menjaga nasi tidak cepat benyek atau basi dan juga menambahkan aroma pada nasi.
  4. Masaklah nasi secukupnya dan jangan terlalu lama memanaskan nasi di rice cooker.

Nah kebetulan, kemarin Tim Arisan Mapan udah buat video unboxing untuk Cosmos Rice Cooker Harmond On/Off lho! Penasaran dong ada apa aja sih di dalam dusnya? Langsung tonton di sini yuk!

Gimana Sahabat Mapan, tipsnya mudah kan? Semoga tips ini bermanfaat yaa. Kalo kamu mau nambahin tips lainnya, bisa lho komen di kolom komentar…

Dan kalo kamu pengen tau lebih banyak tentang Cosmos Rice Cooker Harmond On/Off, kamu bisa liat-liat di bit.ly/BAHX12383 lho!

Yuk, langsung bikin kelompok arisannya sekarang untuk dapetin banyak promo dari Arisan Mapan 🙂

Ditulis Oleh: Fauziah Sabtuannisa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY