Panduan Pengajuan Bantuan Donasi & Top Up

Panduan Pengajuan Bantuan Donasi & Top Up

809
0
SHARE

Jangan sampai putus yaa donasinya! Meskipun layanan Mapan Donasi tidak tersedia lagi di aplikasi Mapan per tanggal 31 Mei 2021, Mapan akan terus memberikan layanan terbaik untuk membantu MUM meningkatkan penghasilan setiap bulannya!

Buat kamu yang sudah rutin berdonasi di layanan Mapan Donasi, jangan khawatir, kamu tetep bisa terus top up atau mengajukan bantuan donasi di Kitabisa kok!

MUM akan dikirimkan sms/Whatsapp untuk cara masuk/log in di aplikasi Kitabisa agar tetap bisa melakukan proses pengajuan bantuan dan juga Top Up. Yuk simak panduan pengajuan bantuan Donasi dan Top Up di sini!

Login Aplikasi Kitabisa

  1. Download dan install aplikasi Kitabisa di Playstore
  2. Klik tombol ‘Mulai Donasi dan Saling jaga’
  3. Masukan nomor ponsel yang terdaftar di program Mapan Donasi Plus anda, kemudian tekan tombol ‘Lanjutkan’
  4. Di Bagian bawah, pilih masuk dengan kode OTP, kemudian pilih SMS
  5. Periksa SMS anda, masukan kode OTP
  6. Klik tombol Saling Jaga untuk mengakses halaman anggota

Ajukan Bantuan

  1. Pada halaman keanggotaan Saling Jaga, Klik tombol ajukan bantuan
  2. Pilih jenis penyakit (penyakit kritis atau covid-19), cari dan klik nama anda dibagian pilih anggota
  3. Baca dan fahami syarat dan ketentuan pengajuan bantuan
  4. Lengkapi formulir pengajuan bantuan, akan ada 3 bagian, yaitu:
    1. Info medis
    2. Data Pribadi
    3. Penerimaan Dana
  5. Silahkan menyiapkan dokumen berikut:
    1. KTP penerima bantuan
    2. Foto dirimu dengan KTP
    3. Dokumen/resume medis
    4. Surat Kuasa Pemberian Rekam Medis 
    5. Kartu Keluarga atau Surat Pernyataan dari penerima bantuan (jika pencairan dilakukan ke rekening orang lain)
  6. Lengkapi formulir
  7. Pengajuan bantuan penyakit kritis. Saat ini bantuan hanya bisa diajukan oleh anggota yang berusia 17-59 tahun dan belum menderita Penyakit kritis saat bergabung.
  8. Pengajuan bantuan Covid-19. Saat ini bantuan hanya bisa diajukan oleh anggota yang berusia 17-59 tahun dan belum menderita Coronavirus (COVID-19) saat bergabung. Bantuan hanya diberikan bagi anggota yang terdiagnosis setelah masa tunggu 21 hari berakhir. Anggota juga tidak diperkenankan melakukan tes swab selama masa tunggu berjalan.
  9. Info Medis
    1. Pilih jenis penyakit yang saat ini diderita (54 penyakit kritis yang diperbolehkan mengajukan bantuan)
    2. Tuliskan rumah sakit tempat anda berobat
    3. Upload dokumen medis. Dokumen medis harus memiliki:
      1. Nama rumah sakit/instansi
      2. Nama lengkap pasien
      3. Keterangan diagnosis
      4. Tanda tangan tenaga medis (disertai cap basah lebih baik)
      5. Tanggal dokumen dikeluarkan (paling lama 6 bulan lalu sejak pengajuan dikirim)
    4. Surat Kuasa Pemberian Rekam Medis. Silahkan download contoh surat kuasa pada link yang tercantum.
    5. Khusus Covid-19 yang tidak dirawat di Rumah Sakit, harap mengupload surat keterang isolasi mandiri dari Rumah Sakit/Puskesmas
  10. Data Pribadi
    1. Masukan nomor aktif WhatsApp anda dan nama dan nomor keluarga atau kerabat sebagai kontak darurat.
    2. Pilih area tempat tinggal dan masukan alamat lengkap sesuai KTP
    3. Upload foto KTP anda
    4. Upload foto selfie anda dengan KTP
    5. Upload foto selfie anda, foto ini akan digunakan untuk publikasi penggunaan dana
  11. Penerimaan dana
    1. Tulis rencana pengunaan dana
    2. Pilih Bank yang menjadi tujuan pencarian dana
    3. Tulis nomor rekening tujuan, nama pemilik rekening dan hubungan dengan pemilik rekening
    4. Untuk rekening yang bukan atas nama anda. Nama pemilik rekening dan penerima bantuan harus dalam satu Kartu Keluarga (KK). Upload Kartu Keluarga beserta Surat Pernyataan Calon Penerima Bantuan

Nantinya apabila MUM memiliki kendala pada saat log in bisa menghubungi melati ataupun langsung bisa menghubungi call centre Kitabisa yaa!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY