Resep Pancake Madu: Alternatif Sarapan Sehat dan Usaha Kecil

Resep Pancake Madu: Alternatif Sarapan Sehat dan Usaha Kecil

8191
2
SHARE

Halo Sahabat Mapan, kali ini saya ingin berbagi resep pancake madu praktis ala Arisan Mapan yang cocok dijadikan makanan untuk sarapan pagi maupun di malam hari. Kue bundar berbahan dasar terigu, telur, gula dan susu ini juga cocok dijadikan camilan buat mengganjal perut yang lapar atau bahkan sebagai pengganti makanan berat.

Tahukah Sahabat Mapan, salah satu keunggulan utama pancake atau panekuk adalah bisa disantap dengan berbagai macam olesan maupun topping. Seperti roti, pancake bisa dioles dengan topping manis seperti tepung gula, selai, buah, susu kental manis maupun es krim, dan bisa juga diberikan topping gurih seperti keju dan berbagai macam irisan daging.

Untuk membuatnya ternyata kue bundar ini termasuk yang gampang-gampang susah. Ada yang hasilnya nggak ngembang atau jadi terlalu bulat atau mungkin bentuknya bagus tapi rasanya kurang pas.

Tapi setelah bertanya ke salah satu teman chef saya, sebenarnya membuat pancake itu termasuk mudah dan simpel lho! Resep pancake berikut merupakan resep pancake yang paling standar. Yuk, kita simak langsung resep Pancake Madu ala Arisan Mapan berikut ini.

RESEP PANCAKE MADU ALA ARISAN MAPAN

Bahan:

  • 200g Tepung terigu, ayak.
  • 30g Gula halus, ayak.
  • 20g Susu bubuk
  • 12g Baking powder
  • 5g Vanili bubuk
  • 6g Garam
  • 240 ml Susu cair
  • 2 Butir telur, pisahkan putih dan kuningnya.
  • 60g Mentega, cairkan.

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula halus, bubuk vanili, susu bubuk dan garam dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga rata dengan menggunakan alat pengocok adonan.
  2. Masukkan kuning telur dan susu cair, aduk hingga membentuk adonan. Tambahkan mentega cair, aduk hingga rata.
  3. Kocok putih telur hingga kaku, lalu masukkan ke dalam adonan dengan cara mengambil sedikit putih telur, aduk rata.
  4. Panaskan Boboko Frypan Gendhis yang telah dioles margarin, kecilkan api.
  5. Tuang adonan dengan sendok sayur, bentuk lingkaran. Balik jika adonan sudah sedikit berpori dan pinggirnya sedikit mengeras.
  6. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  7. Hidangkan pancake dengan potongan butter di atasnya, tuangkan madu dan taburkan gula halus.
  8. Pancake madu siap dihidangkan.

Catatan: 1 adonan untuk 11 pancake dengan diameter 7 cm.

Wow, ternyata membuat pancake tidak terlalu sulit lho Sahabat Mapan! Kalo kamu sudah berhasil, Pancake Madu kamu bisa jadi salah satu ide kuliner yang bisa kamu tambahkan di menu katering atau usaha rumah makan kecil-kecilan kamu sebagai hidangan sarapan atau penutup yang lezat 🙂

 

2 COMMENTS

  1. nah ini dia mantep tak coba, tapi kalo tahannya kira” berpa lama ya soalnya saya ingin kasih untuk kekasih tercinta yang jauh kalo 2 minggu apa bisa tahan ?? tidak basi

LEAVE A REPLY