Resep Praktis: Bikin Rendang Pakai Presto Yuk!

Resep Praktis: Bikin Rendang Pakai Presto Yuk!

31333
5
SHARE
Resep Rendang Presto
Rendang merupakan salah satu makanan dari Indonesia yang telah diakui dunia sebagai makanan terlezat.

Rendang merupakan salah satu makanan dari Indonesia yang telah diakui dunia sebagai makanan terlezat. Berbahan dasar daging sapi yang diungkep dan ditambahkan dengan beragam rempah pilihan menjadikan makanan ini sangat enak dan lezat. Namun untuk memasak rendang membutuhkan waktu yang lama.

Kini dengan adanya panci presto, memasak rendang tidak memakan waktu selama saat menggunakan panci biasa. Nah dengan panci presto waktu mempersiapkan rendang untuk hari raya bisa lebih singkat. Yuk kita mulai masak rendang dengan menggunakan panci presto dari Arisan Mapan.

Bahan:

1 kg daging sapi pilihan, potong ukuran sesuai selera

3 buah kelapa tua, jadikan santan kental

15 butir bawang merah

8 siung bawang putih

1 ons cabai merah (keriting)

2 cm jahe

2 cm lengkuas, memarkan

1 sendok teh merica bubuk

2 batang sereh, geprek terlebih dahulu

2 biji asam kandis

2 buah bunga pekak (lawang)

3 lembar daun jeruk

4 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit

Garam

Gula pasir

Bahan pelengkap:

Kelapa serundeng yang sudah disangrai terlebih dahulu

1 ons hati sapi, potong dadu kecil kemudian rebus

Cara Membuat:

    1. Haluskan bawang merah dan putih terlebih dahulu, lalu cabai, jahe dan lengkuas
    2. Agar bumbu dapat menempel dan menyerap ke dalam daging, tumis daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang telah dihaluskan terlebih dahulu, tunggu sampai beruap dan daging agak kering.
    3. Siapkan panci presto.
    4. Masukan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir ke dalam panci presto. Lalu masukkan tumisan daging, kemudian aduk hingga merata, jangan lupa masukkan juga daun kunyit yang telah disobek-sobek.
    5. Tutup panci presto, masak selama kurang lebih 30 menit sejak panci berdesis. Tunggu hingga uap di dalam panci menghilang, masukkan bahan pelengkap ke dalam rendang, kemudian aduk hingga semua tercampur. Masak lagi selama 10 menit sejak panci berdesis.
    6. Angkat, dan rendang siap untuk disajikan.

Sumber: resepharian.com

Tips tambahan:

    1. Agar daging semakin empuk, daging yang telah dipotong-potong sebaiknya dipukul atau digeprek terlebih dahulu, baru kemudian diungkep.
    2. Agar bumbu dapat meresap sempurna dan tidak memakan waktu lama, maka proses pengungkepan daging dianjurkan menggunakan panci presto.
    3. Saat memasak santan, usahakan agar santan tidak pecah. Aduk santan dengan gerakan memutar ke atas seperti menimba.
Membuat Rendang dengan Panci Presto
Panci Presto Arisan Mapan

Panci presto ini bisa kamu lihat di Katalog Arisan Mapan. Yuk, daftar jadi Ketua Arisan di www.mapan.id sekarang! Ajak juga orang-orang terdekat untuk menjadi anggota arisan kamu.

5 COMMENTS

  1. Rendang memang sudah menjadi salah satu menu makanan paling lezat di dunia,menu rendang bisa juga kita jadikan untuk membuka peluang usaha rumah makan kecil-kecilan dan terus menjadi besar! Terima kasih

LEAVE A REPLY