Resep Spesial: Usaha Bakso Rumahan Ala Arisan Mapan

Resep Spesial: Usaha Bakso Rumahan Ala Arisan Mapan

15706
4
SHARE

Siapa yang tak suka bakso? Salah satu makanan paling fenomenal di Indonesia ini selalu bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun. Banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner satu ini, membuat peluang usaha bakso rumahan semakin terbuka. 

Tahukah kamu kalo bakso aslinya berasal dari Cina? Bak dan So dalam Bahasa Hokkien, secara harfiah berarti daging giling. Tapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, jadi daging yang digunakan pun disesuaikan. Biasanya daging bakso di Indonesia terbuat dari daging sapi, ikan atau ayam. 

Sahabat Mapan termasuk salah satu pecinta bakso? Jago masak? Kenapa nggak coba bikin sendiri aja? Siapa tau berhasil, enak dan bisa jadi ide usaha berikutnya nih hehe. Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk, simak resepnya di sini.

Resep Bakso Sapi

Bahan:

  • 500gr Daging sapi sudah digiling halus.
  • 200gr Tepung sagu
  • 4 Siung bawang putih, haluskan.
  • 1 Butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
  • 1 Blok kaldu sapi, haluskan.
  • 1 sdt Baking soda
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada
  • Secukupnya Es batu
  • Secukupnya Minyak

Kuah:

  • 2 blok Kaldu sapi
  • 2 liter Air
  • 5 siung bawang putih, haluskan.
  • Garam
  • Seledri secukupnya

Pelengkap:

  • Mie kuning
  • Bihun
  • Sawi
  • Sambal rawit
  • Bawang goreng
  • Daun bawang dan seledri

Cara Membuat Bakso:

  1. Campurkan daging sapi dengan bawang putih halus yang sudah ditumis, kaldu sapi, lada bubuk, baking soda, tepung sagu, putih telur, dan es batu hingga menjadi adonan yang tercampur rata, lembut dan mudah dibentuk.
  2. Didihkan air dalam panci, tambahkan 1 sendok minyak goreng.
  3. Bentuk bakso hingga berbentuk bulat, masukkan ke dalam rebusan air. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Rebus bakso hingga matang dan mengapung di air. Angkat bakso dan rendam ke dalam baskom yang berisi air es lalu tiriskan.
  5. Kuah: tumis bawang putih halus hingga harum. Tambahkan air, kaldu blok dan garam. Rebus hingga mendidih Masukkan bakso.
  6. Sajikan bakso bersama kuah dan pelengkapnya, seperti mie kuning, bihun, sawi, daun bawang, seledri, bawang goreng, sambal dan kecap manis.

Sedikit tips dari saya, untuk menghasilkan bakso yang kenyal, Sahabat Mapan bisa memilih daging sapi bagian paha atau top side yang dicincang sehalus mungkin hingga menyerupai pasta. Kamu juga bisa lho membuat varian bakso lainnya, seperti bakso isi telur puyuh, cincang atau keju. Nyamm!

Terus Kalo Mau Mulai Usaha Bakso Rumahan Caranya Gimana?

Sudah coba resepnya, rasanya sayang kalau tidak dimanfaatkan jadi usaha rumahan, apalagi kalo ternyata hasilnya enak. Yuk, kita hitung-hitungan modal buat usaha bakso rumahan 🙂

Modal Awal Usaha Rumahan Bakso Sapi

TOTAL: Rp 1.923.500

Bahan Baku Awal (40 Mangkuk)

  • Daging sapi            Rp 120.000
  • Tepung sagu           Rp 8.000
  • Mie Kuning             Rp 15.000
  • Bihun                    Rp 16.000
  • Bawang goreng       Rp 10.000
  • Lain-lain                 Rp 100.000

TOTAL: Rp 269.000

PENJUALAN: @Rp 8.000 x 40 = Rp 320.000

Untung perhari = Rp 51.000

Untung perbulan = Rp 1.530.000

  • Biaya pemasaran dan penjualan: Rp 150.000
  • Biaya Tenaga Kerja                  : Rp 450.000

Total: Rp 600.000

TOTAL KEUNTUNGAN = Rp 930.000

Kalau dilihat dari gambaran perhitungan di atas, kamu bisa lihat sendiri, dalam waktu 3 bulan saja kamu sudah balik modal. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu sudah bisa mendapat keuntungan yang cukup besar.

Sebenarnya modal yang diperlukan untuk memulai usaha bakso rumahan ini bergantung pada seberapa besar usaha yang ingin kamu mulai. Saran saya, dimulai dari yang kecil-kecil dulu saja. Kalau nanti ternyata sukses dan banyak pelanggannya, jangan ragu untuk mengeluarkan modal lebih untuk memperluas usaha bakso kamu Sahabat Mapan. Semoga berhasil!

4 COMMENTS

  1. Luar biasa, artikel ini sangat membantu saya, dan artikel ini sangat mudah untuk diikuti dan tidak ribet. Jadi nggak sabar pengen nyoba. Saya menantikan resep resep lainnya

LEAVE A REPLY