Saling Berbagi dengan Mapan Peduli

Saling Berbagi dengan Mapan Peduli

6971
3
SHARE

Di masa sulit seperti ini, semakin terasa indahnya dari saling berbagi dan membantu sesama. Dengan semangat yang sama, Mapan kini hadir dengan fitur MAPAN PEDULI. Ada apa sih di fitur baru ini?

Mapan bekerjasama dengan Kitabisa, salah satu wadah donasi sosial terbesar di Indonesia, untuk lebih mudah menjaring dan membantu komunitas yang terkena dampak COVID-19. 

Di aplikasi baru Mapan terdapat tombol PEDULI yang membuat kamu terhubung di halaman donasi Yayasan Mapan Indonesia Sejahtera. Di sana, Mapan menggalang donasi untuk kemudian disalurkan ke mitra maupun anggota komunitas Mapan yang terkena dampak COVID-19 dan membutuhkan bantuan.

Begini cara berdonasi di fitur Mapan Peduli:

 

1. Saya klik PEDULI di halaman beranda
2. Saya melihat Kampanye Mapan Peduli, lalu klik DONASI SEKARANG
3. Saya memilih Nominal Donasi, lalu klik LANJUTKAN PEMBAYARAN
4. Saya memilih Metode Pembayaran
5. Saya memastikan nominal donasi dan metode pembayaran sudah benar, lalu klik LANJUTKAN PEMBAYARAN
6. Pembayaran Donasi Mapan Peduli saya BERHASIL

Tidak hanya berdonasi untuk sesama bagian komunitas Mapan, mitra yang terdampak bisa mengajukan dirinya ataupun anggotanya untuk menjadi salah satu penerima bantuan tersebut.

Bantuan yang diberikan kepada mitra dan anggota yang terdampak COVID-19 dalam bentuk E-voucher yang dapat ditukarkan dengan bahan pokok.

Mitra dapat mengajukan dirinya atau anggotanya dengan cara sebagai berikut:

1. Saya klik PEDULI di halaman beranda
2. Saya melihat Kampanye Mapan Peduli, lalu klik AJUKAN BANTUAN
3. Saya melihat Formulir Pengajuan Bantuan Halaman Syarat & Ketentuan. Klik cek box telah membaca Syarat & Ketentuan. Lalu Klik NEXT
4. Saya melihat Formulir Pengajuan Bantuan Halaman Urutan Prioritas. Klik cek box telah membaca & menyetujui pernyataan. Klik NEXT
5. Saya mengisi Data Diri dengan benar, lengkap dan jelas.
6. Saya memastikan data diri sudah benar, lengkap dan jelas. Lalu Klik SUBMIT. Tim Mapan akan verifikasi terlebih dulu pengajuan bantuan dan akan menghubungi lebih lanjut melalui WA

Mitra dan anggota yang mengajukan harus memberikan keterangan dampak langsung ataupun tidak langsung di formulir pengajuan tersebut. Dampak langsung yang dimaksud adalah apabila salah satu dari anggota keluarga terkena positif COVID-19 ataupun dalam status PDP sehingga keluarga harus dalam kondisi isolasi dari lingkungan sekitar. Dampak tidak langsung yang dimaksud adalah dampak tidak langsung dari pandemi COVID-19 yang berpengaruh ke penghasilan keluarga, dengan kondisi prioritas penerima bantuan sebagai berikut:

  1. Usia sudah diatas > 50 tahun
  2. Kondisi kesehatan kritis 
  3. Merupakan single parent/janda
  4. Merupakan tulang punggung utama
  5. Usaha suami / istri terkena imbas dari Pandemi, sehingga tidak mendapatkan penghasilan

Pengajuan bantuan yang diterima akan diproses oleh Mapan dengan langkah berikut:

  1. Klik Tombol “Peduli” di Halaman utama aplikasi mapan
  2. Masuk ke halaman kampanye Mapan Peduli
  3. Klik tombol “Ajukan Bantuan”
  4. Masuk ke halaman formulir pengajuan
  5. Baca syarat di halaman 1 dan 2 dan klik “saya setuju”
  6. Isi Formulir sesuai data yang diminta, lalu klik tombol “Submit”
  7. Pengajuan selesai, tunggu proses selanjutnya
  8. Permintaan akan diproses dan divalidasi dalam 7 hari kerja serta akan diinfo oleh pihak Mapan melalui Whatsapp (WA)
  9. Pengajuan bantuan yang berhasil lolos, akan menerima bantuan dalam bentuk E-Voucher sembako sebesar Rp 100 ribu yang dapat ditukarkan untuk mendapatkan sembako di Alfamart. 
  10.  Maksimal penukaran E-Voucher Alfamart 7 hari sejak diterima MUM, apabila melebihi waktu redeem maka voucher akan hangus.

Selain itu, ada pula syarat dan ketentuan yang mesti MUM perhatikan yaa:

  1. Keputusan Penerima yang berhak, diputuskan oleh pihak Yayasan Indonesia Mapan Sejahtera
    2. Penerima Bantuan memberikan izin kepada Penyelenggara untuk memberikan informasi pribadi Penerima (Nama, Tanggal, Lokasi, jumlah bantuan yang diberikan, foto penerimaan bantuan) guna laporan pertanggung jawaban kepada Pendonasi
    3. Yayasan berhak untuk tidak memberikan bantuan/donasi kepada pihak yang dianggap tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Baik dengan ataupun tanpa pemberitahuan sebelumnya
    4. Jumlah total donasi yang bisa disalurkan maksimal senilai jumlah donasi yang terkumpul.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan E-Voucher Sembako Alfamart:

  1. Tukarkan segera E-voucher ke Alfamart terdekat. Maksimal penukaran E-voucher Alfamart 7 hari sejak diterima MUM, apabila melebihi waktu redeem maka voucher akan hangus.
  2. E-voucher Alfamart yang diberikan adalah Rp 100.000, dan untuk dibelikan kebutuhan sembako (Hanya: Beras, Minyak, Gula, dan  Mie Instan), jika belanja selain kebutuhan tersebut maka tidak bisa masuk ke perhitungan E-Voucher, dan akan ditolak oleh Kasir Alfamart.
  3. E-voucher dapat langsung digunakan untuk pembelanjaan, minimum sejumlah Rp 100.000, boleh lebih, namun tidak boleh kurang dari nominal voucher karena jika kurang maka nominal sisanya akan hangus.
  4. Cara Penukaran : MUM tunjukan E-voucher ke kasir untuk memotong total belanja sebesar Rp 100.000, apabila ada kelebihan pembayaran bisa dibayarkan menggunakan gopay, atau cash, dll

Apabila E-voucher tidak bisa di tukarkan, maka MUM bisa hubungi Melati melalui Whatsapp: 0815 1 1500127
Dengan format: Bantuan#Nomor HP Terdaftar#Bantuan Mitra Mapan#Keluhan

Yuk mulai saling berbagi dengan Mapan Peduli! Langsung aja download aplikasi Mapan di Google Playstore atau klik link ini yaa!

Jika anda mengalami kendala mengenai Mapan Peduli, harap hubungi:
Call Center: ( 021 ) 1500 127
Email: tanyamelati@mapan.id

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY