Spesial Hari Raya: Nyaman Berbusana Saat Silaturahmi

Spesial Hari Raya: Nyaman Berbusana Saat Silaturahmi

3660
0
SHARE
Silaturahmi
Nyaman Berbusana Saat Silaturahmi di Hari Raya

Nyaman berpakaian tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan agar acara silaturahmi berjalan lancar dan menyenangkan. Jangan sampai acara makan-makan dan kumpul keluarga Anda terganggu karena salah saltum atau salah kostum. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih busana saat bersilaturahmi.

1Sesuaikan dengan aktivitas

Pilih baju yang tidak mudah kusut dan dapat menyerap keringat jika Anda harus mengunjungi banyak tempat saat Lebaran. Namun jika aktivitas Anda hanya di dalam rumah, gunakan baju yang simpel dan tidak banyak hiasan. Untuk salat Id, Anda dapat memakai abaya atau gaun maksi dengan warna yang cerah namun tidak terlalu mencolok.

2Sopan

Ingat, momen Lebaran merupakan momen keagamaan yang sakral. Jadi, pakaian yang digunakan saat silaturahmi hendaknya yang menutup aurat, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, serta dapat membuat Anda betah dan nyaman saat mengunjungi rumah kerabat dan keluarga.

3Pilih baju dengan potongan lengan lurus

Saat lebaran Anda pasti akan bersantap menu ketupat dengan beragam jenis sayur dan kuahnya. Jika Anda menggunakan baju dengan potongan tangan lebar, tentu akan mudah kotor karena terkena kuah sayur atau makanan lainnya.

4Jenis kerudung

Salah satu ornamen penting dalam berbusana muslim adalah kerudung atau hijab. Selain memilih hijab dengan bahan yang dapat menyerap keringat, pertimbangkan juga untuk memilih jenis hijab yang pas di leher untuk memudahkan Anda bergerak. Pilihlah model hijab yang sederhana, jangan yang berbahan licin dan terlalu banyak menggunakan jarum pentul.

5Aksesoris

Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan karena Anda akan banyak bergerak ketika berkunjung dan bersilaturahmi dengan tetangga atau keluarga besar. Salah satu alternatif adalah dengan memilih busana yang telah dihiasi aksen payet atau aksesoris lain yang dapat disematkan langsung pada pakaian seperti bros.

6Kompak berbuasana

Busana lebaran kembar biasanya menjadi salah satu busana yang dipilih agar anggota keluarga tampil kompak. Beberapa orang memilih motif dan warna yang sama untuk dipakai oleh ayah, ibu dan anaknya. Padahal tak semua anggota keluarga cocok menggunakan jenis pakaian yang sama. Jika ingin tampil kompak dan harmonis, pilihlah pakaian dengan warna turunan. Misalnya jika ibu memakai pakaian bermotif bunga warna biru, maka anak dapat mengenakan biru muda dan ayah bisa memilih biru gelap.

7Untuk Anda yang kesehariannya tidak berbusana muslimĀ dapat mengandalkan trik padu padan.

Untuk tampilan bersahaja namun tetap stylish dan nyaman, Anda dapat memadukan tunik dan celana jogger dengan selendang. Anda juga dapat memilih terusan yang dihiasi ikat pinggang atau kalung, atau blus dan rok panjang dengan aksesori gelang atau kalung dengan motif sederhana.

Silaturahmi merupakan momen berkumpul bersama keluarga besar, jadi jangan sampai momen berharga ini jadi berantakan gara-gara kamu salah memilih pakaian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY