Spesial Ramadhan: 7 Hal Menarik di Bulan Ramadhan

Spesial Ramadhan: 7 Hal Menarik di Bulan Ramadhan

5701
0
SHARE
bulan Ramadan
7 hal menarik yang ada di Bulan Ramadan

Selamat menunaikan ibadah puasa buat Sahabat Mapan yang menjalankan. Memasuki bulan Ramadhan, ada banyak hal menarik yang terjadi di Indonesia, sebut saja sajian kolak yang sepertinya sudah menjadi menu berbuka wajib atau kebiasaan membangunkan sahur dengan berkeliling komplek di beberapa daerah. Pengen tahu ada hal menarik apa lagi yang hanya ada di bulan Ramadhan? Yuk, simak infografik berikut.

1Kolak, menu berbuka wajib.

Kolak, Menu Wajib Saat Ramadan

Kebanyakan orang Indonesia biasanya selalu mengonsumsi kolak setiap waktu berbuka tiba. Meskipun tidak setiap hari, tapi dalam satu hari dari 30 hari di bulan Ramadhan, pasti kita pernah menyantap kolak sebagai menu buka puasa. Rasanya yang manis sangat pas untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

2Bedug dan Adzan Magrib adalah momen yang paling ditunggu.

Bedug dan Adzan Magrib Selalu Ditunggu

Menjelang waktu berbuka, sebagian besar masyarakat biasanya sudah siap di depan televisi untuk menunggu program favoritnya ketika bulan Ramadhan tiba. Ya, apalagi kalau bukan bedug dan adzan magrib. Momen ini menjadi salah satu hal menarik yang hanya terjadi di Indonesia.

3Masjid mendadak ramai.

Masjid mendadak ramai

Masjid yang biasanya sepi saat hari biasa bisa mendadak penuh pada minggu pertama puasa. Tapi sayang, hal ini tak berlangsung lama karena biasanya di minggu kedua dan seterusnya akan semakin berkurang, terutama ketika menjelang Lebaran. Waduh, semoga Sahabat Mapan tidak seperti ini yaa.

4Keliling bangunin orang sahur.

Keliling kampung bangunin orang sahur

“Sahur…sahur! Dung tak dung dung tak!” Kegiatan ini sudah menjadi momen khas di bulan Ramadhan dan tentu saja hanya terjadi di Indonesia. Meskipun tak semua daerah pernah merasakan keriuhan ini, tapi tak sedikit juga daerah yang masih suka membangunkan orang untuk sahur dengan cara berkeliling kampung sambil memukul-mukul galon, panci dan pentungan.

5Ngabuburit.

Ngabuburit mencari takjil

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, jalan-jalan sambil mencari takjil merupakan kegiatan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, waktu berpuasa akan berlalu tanpa terasa sehingga kegiatan berpuasa tidak terasa berat. Ada baiknya kalau kamu juga memanfaatkan waktu ini dengan memperbanyak kegiatan yang bernilai ibadah seperti tadarus, berdzikir, belajar ilmu agama atau mendengarkan tausiyah.

6Buka bersama.

Buka bersama

Meskipun ada juga yang namanya Sahur on the Road, kegiatan membagikan makanan sahur gratis untuk orang-orang kurang beruntung yang ada di sekitar kita, tapi rasanya kegiatan buka bersama sudah menjadi kebiasaan yang sayang jika dilewatkan ketika bulan Ramadhan tiba. Buka bersama ini bisa menjadi ajang silaturahmi dengan teman-teman lama yang sudah jarang ditemui karena kesibukan masing-masing.

7Petasan.

Bermain petasan

Meskipun sudah dilarang, sepertinya menyalakan petasan sudah menjadi hal yang biasa di bulan Ramadhan. Padahal sebaiknya kegiatan menyalakan petasan ini tidak dijadikan kebiasaan karena dapat membahayakan keselamatan, terutama pada anak. Karena kebanyakan yang sering bermain petasan adalah remaja dan anak kecil. Sebaiknya sebagai orangtua kita perlu mengingatkan anak akan bahayanya bermain petasan.

Demikianlah 7 hal menarik yang bisa kamu temukan di bulan Ramadhan, dan sebagian besar kegiatan ini hanya bisa kamu temukan di Indonesia lho! Alangkah baiknya jika kegiatan di puasa ini diisi dengan kegiatan positif dengan memperbanyak ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kalau di daerah kamu ada kegiatan menarik lainnya saat bulan Ramadhan, boleh lho dibagikan di kolom komentar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY