Syarat ketentuan layanan Mapan

Syarat ketentuan layanan Mapan

1476
0
SHARE

Lampiran Syarat dan Ketentuan Produk dan Layanan Mapan
1. Istilah Umum
Definisi sebagaimana disebutkan dibawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:
a. Akun adalah representasi diri Pengguna di suatu sistem elektronik milik Mapan sehingga
Pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan pada sistem elektronik milik
Mapan.
b. Aplikasi adalah Aplikasi Mapan, yaitu Aplikasi buatan Mapan yang memiliki fitur untuk
mengelola arisan dan/atau produk/layanan lainnya yang disediakan khusus oleh Mapan
kepada Pengguna sehubungan dengan status Pengguna sebagai MUM.
c. Binaan adalah MUM yang mendaftarkan diri menggunakan kode referral dari MUM
yang telah terdaftar sebelumnya (existing), dan telah menggunakan produk/layanan
Mapan.
d. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat
diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi pada saat Anda melakukan pendaftaran
maupun penggunaan Aplikasi, seperti nama lengkap, foto diri, nomor telepon genggam,
alamat rumah, kartu keluarga, nomor induk kependudukan, tanggal/bulan/tahun lahir,
identitas perangkat, data lokasi, dan data keuangan pribadi;
e. Mapan adalah PT Rekan Usaha Mikro Anda sebagai pemilik Aplikasi;
f. Mitra Usaha Mapan (“MUM”) adalah Pengguna Aplikasi yang telah terdaftar di Aplikasi
dan telah menggunakan minimal 1 (satu) produk/layanan Mapan;
g. Pembina adalah MUM yang telah memiliki minimal satu Binaan.
h. Timbal balik adalah manfaat yang diperoleh MUM ketika menjalankan produk/layanan
Mapan termasuk namun tidak terbatas pada Bonus Penjualan, Poin Mapan, potongan
harga, dan manfaat lainnya yang ditentukan oleh Mapan.
2. Jenis Produk dan Layanan Mapan
Produk dan Layanan Mapan dapat dikategorikan sebagai berikut:
a. Mapan Arisan
b. Layanan Digital
c. Mapan Mart
d. Mapan Peduli
e. Mapan Sayur
3. Mapan Arisan
a. Ketentuan Umum Layanan Mapan Arisan
1) Layanan Mapan Arisan dapat digunakan melalui Aplikasi Mapan.

2)  Tanggal Setoran adalah batas maksimal pembayaran untuk suatu kelompok di suatu periode tertentu.

3)  Kode ​Referral adalah kode yang MUM dapatkan dan bisa dimasukkan saat pendaftaran MUM Binaan di Aplikasi. Jika MUM tidak memiliki kode tersebut, kolom Kode ​Referral​ dapat dikosongkan.

4)  Kode Promo adalah kode unik yang dimiliki oleh masing-masing MUM atau Kode Promosi yang muncul di waktu tertentu. MUM dapat memasukkan kode unik MUM lain untuk saling mendapatkan keuntungan atau memasukkan Kode Promosi agar bisa mendapatkan keuntungan menarik.

5)  Periode Arisan adalah jangka waktu proses arisan dari dimulainya pengumuman arisan pemenang pertama sampai dengan arisan tersebut selesai dimana proses pengumuman pemenang arisan akan disampaikan setiap bulan dengan jumlah bulan mengikuti jumlah anggota arisan, yaitu minimal adalah 4 orang untuk 4 bulan dan maksimal 5 orang untuk 5 bulan. Perihal adanya pilihan arisan bulanan hingga 10 orang, arisan tersebut hanya diperuntukkan untuk barang tertentu saja.

Proses Pendaftaran Kelompok Mapan Arisan

1)  Pendaftaran Kelompok Mapan Arisan tidak dipungut biaya apapun.

2)  MUM menggunakan perangkat ponsel MUM yang sudah terinstal Aplikasi Mapan

untuk mendaftarkan kelompok secara mandiri.

3)  MUM dapat mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Tidak ada batasan jumlah

pengajuan Arisan. Selain itu, tidak ada pembatasan pula untuk jumlah Arisan yang

sedang berjalan (sedang aktif). MUM dapat memiliki arisan aktif sebanyak mungkin.

4)  Anggota Arisan dapat memesan lebih dari 1 barang dalam 1 kelompok Arisan dan

berkomitmen menyelesaikan pembayaran setoran arisan sampai selesai.

Pelaksanaan dan Pembayaran Mapan Arisan

1)  Kocokan pertama dimulai minimal 10-45 (sepuluh-empat puluh lima) hari setelah MUM mendapat SMS konfirmasi (tergantung Tanggal Setoran).

2)  MUM dapat melakukan pembayaran melalui Gopay maksimal H-2 kalender sebelum tanggal kocokan.

3)  Anggota Arisan rutin menyetorkan uangnya setiap periode kepada MUM.

4)  Jumlah uang yang disetorkan oleh Anggota Arisan kepada MUM adalah sejumlah Harga Barang dibagi dengan Jumlah Anggota. Jika barang yang dipilih berbeda, maka

setoran tiap orang akan berbeda sesuai harga barangnya.

5)  Setelah menerima uang dari Anggota Arisan, MUM wajib membayarkan setoran

kelompok melalui GoPay/melalui Kurir yang ditunjuk Mapan yang datang ke rumah MUM ataupun melalui metode pembayaran lainnya yang diinformasikan di Aplikasi Mapan.

6) Setoran yang dibayarkan oleh MUM setiap periode adalah jumlah uang yang disetor oleh para Anggota Arisan setiap bulannya selama Periode Arisan.
7) Jika MUM membayar setoran ke kelompok yang salah, maka wajib segera hubungi Melati pada menu bantuan di Aplikasi Mapan atau di nomor telepon 1500127.
8) Jika terdapat Anggota Arisan yang tidak membayar uang setoran, maka MUM melakukan segala tindakan yang wajar untuk memastikan setoran arisannya dibayarkan tepat waktu. Sehingga, pastikan Anggota Arisan yang bergabung di kelompok mempunyai komitmen untuk rutin membayar uang setoran.
9) Jika pada tanggal setoran, setoran kelompok belum dibayar, maka status kelompok tersebut menjadi Gagal COD.
10) Gagal COD ​adalah status arisan untuk kelompok yang setoran kelompoknya belum dibayar hingga Tanggal Setoran.
11)Untuk kelompok arisan Gagal COD, maka dapat melakukan pembayaran pada kedatangan Kurir hari berikutnya maksimal 3 (tiga) hari berturut-turut.
12)Setelah Gagal COD sebanyak tiga kali (3x) untuk setoran arisan tersebut maka Kelompok Arisannya tersebut akan dibatalkan secara otomatis.
13)Saat Pembatalan Arisan, pengembalian kelebihan pembayaran dan bonus dari produk yang sudah diterima anggota akan diinformasikan melalui Aplikasi dan masuk ke Saldo Mapan.
14)Kocokan Arisan Mapan dilakukan otomatis oleh sistem, bukan seperti kocokan tradisional pada umumnya.
15) MUM akan mendapatkan pemberitahuan pemenang setiap periodenya dalam H-7 Tanggal Setoran melalui SMS dan/atau Aplikasi.
16)Barang tidak dapat diganti ketika Arisan sudah berjalan. Barang Arisan harus ditentukan di awal dan tidak boleh diganti dengan barang lain. Apabila barang yang dipesan tidak tersedia, maka akan dilakukan penggantian barang otomatis dengan kualitas yang lebih baik ataupun dilakukan pengembalian uang.
17)MUM berhak mendapatkan bonus dari Mapan Arisan jika telah menyelesaikan kelompok arisannya. Bonus akan terus bertambah pada setiap periode dan diberikan di setoran akhir arisan dengan metode potong setoran arisan terakhir. Bonus yang diterima MUM adalah bonus hasil penjualan produk ke anggota. Jumlah persentase bonus tergantung dengan tipe produk yang dibeli anggota, 5% untuk elektronik dan 10% untuk non elektronik.
18) Apabila kelompok arisan dibatalkan, maka MUM tetap mendapatkan bonus dari produk yang telah diterima anggota, namun bonus dari produk yang belum diterima anggota akan dianggap hangus.
19) Ketentuan bonus dapat berubah sewaktu-waktu.
d. Perubahan Anggota
1) Jumlah Anggota dalam kelompok yang sedang berjalan tidak dapat diubah.
2) MUM dapat melakukan pembatalan 1 (satu) Anggota Arisan melalui menu bantuan
di Aplikasi Mapan.
3) Jumlah Anggota Arisan yang dibatalkan untuk setiap kelompok Arisan maksimal 1
(satu) Anggota Arisan.
4) Jumlah setoran Arisan untuk kelompok yang telah dibatalkan 1 (satu) Anggota Arisan
akan disesuaikan dan diinformasikan melalui Aplikasi Mapan.
e. Pengembalian/Retur Barang
1) MUM dan/atau Anggota Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan apabila:
a) Barang diterima dalam keadaan rusak;
b) Segel atau bungkus barang rusak saat diterima;
c) Barang tidak berfungsi;
d) Barang yang diterima tidak sesuai deskripsi katalog; atau
e) Barang yang diterima bukan merupakan barang yang dipesan sesuai dengan
catatan pesanan pada Aplikasi.
2) MUM dapat mengembalikan barang yang sudah disetujui untuk dilakukan retur
kepada Kurir yang ditunjuk oleh Mapan.
3) Keluhan ataupun permintaan pengembalian (retur) barang hanya dapat dilakukan
dalam waktu 10 (sepuluh) hari kalender sejak barang diterima oleh MUM.
4) Permintaan pengembalian (retur) barang setelah melewati 10 (sepuluh) hari kalender sejak barang diterima MUM tidak dapat diproses oleh Arisan Mapan dan
tidak akan mendapatkan penggantian apapun.
f. Pengiriman Barang
1) Seluruh barang akan diantarkan langsung ke alamat MUM. Khusus untuk barang berat, seperti kulkas, mesin cuci, ​furniture​, dan produk lainnya yang berkategori dropshipa​kandiantarkanlangsungkealamatAnggotaArisan.Barangdengan kategori ​dropship biasanya adalah barang besar / berat yang tidak dapat dikirimkan menggunakan motor. Estimasi ukuran maksimal box motor adalah 30 x 40 x 40 cm.
2) Barang akan diterima paling lambat 14 (empat belas) hari kalender setelah Tanggal Setoran sesuai dengan durasi pengiriman masing-masing area.
3) MUM dapat mengetahui status pengiriman barang melalui Aplikasi Mapan.
g. Pembatalan Kelompok
1) Dalam 1 (satu) kelompok arisan hanya dapat membatalkan maksimal 1 (satu) anggota arisan, apabila MUM ingin membatalkan lebih dari 1 (satu) anggota maka
menjadi pembatalan kelompok arisan (dibatalkan semua anggota dalam 1
kelompok).
2) MUM dapat menghubungi Melati melalui menu bantuan di Aplikasi atau di nomor
telepon 1500127 untuk proses pembatalan kelompok. h. Promosi, Bonus, dan Penyimpanannya
1) Promosi resmi dari Arisan Mapan adalah yang diumumkan melalui dari website resmi Mapan (​https://www.mapan.id/​), Arisan Mapan ataupun sosial media resmi Arisan Mapan.
2) Mapan berhak melakukan perubahan mekanisme, periode, jenis, nominal hadiah promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya.
3) Seluruh promosi atau program resmi dari Mapan semuanya ditentukan oleh Mapan dan tidak dapat diganggu gugat.
Ketentuan Layanan Digital Mapan a. Mapan Pulsa
1) Ketentuan Umum Layanan Mapan Pulsa
Mapan Pulsa tidak memiliki batasan atau larangan dalam hal menjual produk atau menggunakan produk itu untuk diri sendiri.
2) Ketentuan Penggunaan Layanan Mapan Pulsa
a) Cara pembelian Mapan Pulsa:
i) Buka aplikasi Mapan lalu pilih Mapan Pulsa;
ii) Pilih isi Pulsa & Bayar Tagihan lakukan pembelian Pulsa atau PLN Prabayar; dan
iii) Lakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay.
Cara memeriksa transaksi Mapan Pulsa:
i) Buka aplikasi Mapan lalu pilih Mapan Pulsa;
ii) Pilih cek status transaksi, kode transaksi & nomor HP pelanggan tidak perlu
diisi;
iii) Pilih tanggal transaksi dan cek sekarang; dan
iv) Semua riwayat transaksi akan ditampilkan, baik yang sukses maupun yang
gagal.
b. Mapan Donasi Plus (saat ini dengan Kitabisa)
1) Ketentuan Umum Layanan Mapan Donasi Plus
a) Kitabisa Plus akan menampilkan secara transparan dana tersedia yang bisa
digunakan untuk menyalurkan bantuan di aplikasi Kitabisa.
b) Pengajuan bantuan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Kitabisa.
c) Bantuan dana hanya akan diberikan selama masih ada Dana Tersedia.
d) Kitabisa Plus tidak diperuntukkan bagi pihak yang sudah dalam kondisi membutuhkan bantuan. Bagi pihak yang sudah dalam kondisi membutuhkan bantuan, silakan gunakan layanan galang dana Kitabisa dengan klik: kitabisa.com/buat-campaign​.
e) Jumlah besaran dana bantuan ditentukan oleh Kitabisa berdasarkan verifikasi tim Kitabisa atas kondisi calon penerima bantuan.
f) Jumlah maksimal besaran dana bantuan Kitabisa Plus adalah senilai Rp 100.000.000.
2) Ketentuan Keanggotaan Kitabisa Plus
Anggota aktif:
i) Telah memiliki KTP dan berusia 17-59 tahun.
ii) Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
iii) Donatur yang mengajukan bantuan pengobatan penyakit kritis haruslah
belum memiliki kondisi Penyakit Kritis saat bergabung ke Program ini.
iv) Berdonasi minimal Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) pada Program ini dan
memiliki saldo Kitabisa Plus minimal Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah).
Anggota Pasif:
i) Telah menjadi Anggota Aktif sebelumnya, tapi saldo Kitabisa Plus kurang dari batas minimal (di bawah Rp 10.000).
ii) Tidak melakukan donasi untuk menambah Saldo Kitabisa Plus dalam kurun waktu 30 hari setelah saldo tidak memenuhi ketentuan minimal Rp 10.000.
Anggota Kitabisa Plus dapat mengajukan bantuan jika memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini:
i) Merupakan Anggota Aktif.
ii) Melakukan verifikasi akun Kitabisa Plus.
iii) Melakukan proses verifikasi dokumen kesehatan dan menandatangani surat kuasa permintaan data medis.
iv) Anggota terdiagnosa salah 1 dari Penyakit Kritis yang ditanggung oleh Program Untuk pengajuan bantuan penyakit kritis atau pasien positif Covid-19.
v) Apabila mendapatkan bantuan, maka bersedia dipublikasi oleh Kitabisa sebagai penerima bantuan Program dengan tetap mempertimbangkan privasi Anggota Aktif.
vi) Keluarga yang membantu pengajuan adalah yang terdaftar sebagai kontak penting (​emergency call​).
vii) Ketentuan anggota keluarga yang berhak mewakili penerimaan bantuan adalah anggota keluarga inti yang tinggal serumah (suami/istri, anak, dan orangtua) dibuktikan dengan surat keterangan yang sah berdasarkan
undang-undang pemerintah Republik Indonesia.
d) Daftar penyakit yang dapat dibantu dan nilai santunan yang diberikan dapat
dilihat di Aplikasi Mapan.
c. Mapan Voucher
1) Ketentuan Umum Layanan Mapan Voucher
a) Satu (1) kode atau link hanya bisa diberikan ke 1 pelanggan.
b) Voucher hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi.
c) Mitra Usaha Mapan hanya bisa membeli voucher dengan menggunakan Gopay
dan transfer melalui Bank.
d) Voucher ini tidak bisa dicairkan atau diuangkan.
e) Untuk voucher selain Gojek tidak memiliki batasan pembelian ataupun
penggunaan.
f) Untuk penggunaan voucher Gojek batasan maksimum 30 voucher/bulan/akun
pengguna, sedangkan untuk pembelian voucher Gojek tidak dibatasi.
2) Tata Cara Transaksi Layanan Mapan Voucher
a) Pilih jenis voucher diskon yang diinginkan di halaman utama atau klik “Lihat Semua” untuk melihat voucher lainnya;
b) Tentukan jumlah voucher yang akan dibeli lalu klik “BELI VOUCHER”;
c) Bayar dengan Gopay atau Transfer melalui Bank untuk mendapatkan kode atau
link voucher; dan
d) Salin voucher untuk dibagikan kepada Pelanggan.
d. Mapan Peduli
1) Definisi dan ketentuan Mapan Peduli
a) Mapan Peduli adalah bantuan yang diberikan kepada Mitra Usaha Mapan dan
anggota yang terdampak COVID-19 dalam bentuk E-voucher yang dapat
ditukarkan dengan bahan pokok.
b) Mitra Usaha Mapan dapat memberikan donasi ataupun mengajukan bantuan.
c) Mitra dan anggota yang mengajukan bantuan harus memberikan keterangan
dampak langsung ataupun tidak langsung di formulir pengajuan.
d) Dampak langsung yang dimaksud adalah apabila salah satu dari anggota keluarga terkena positif COVID-19 ataupun dalam status PDP sehingga keluarga harus
dalam kondisi isolasi dari lingkungan sekitar.
e) Dampak tidak langsung yang dimaksud adalah dampak tidak langsung dari
pandemi COVID-19 yang berpengaruh ke penghasilan keluarga, dengan kondisi prioritas penerima bantuan sebagai berikut:
i) Usia sudah diatas > 50 tahun.
5.
ii) Kondisi kesehatan kritis.
iii) Merupakan ​single parent/​ janda.
iv) Merupakan tulang punggung utama.
v) Usaha suami / istri terkena imbas dari Pandemi, sehingga tidak mendapatkan penghasilan.
f) Keputusan Penerima yang berhak, diputuskan oleh pihak Yayasan Indonesia Mapan Sejahtera.
g) Penerima Bantuan memberikan izin kepada Penyelenggara untuk memberikan informasi pribadi Penerima (Nama, Tanggal, Lokasi, jumlah bantuan yang diberikan, foto penerimaan bantuan) guna laporan pertanggung jawaban kepada Pendonasi.
h) Yayasan berhak untuk tidak memberikan bantuan/donasi kepada pihak yang dianggap tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Baik dengan ataupun tanpa pemberitahuan sebelumnya.
i) Jumlah total donasi yang bisa disalurkan maksimal senilai jumlah donasi yang terkumpul.
2) Mekanisme Mapan Peduli
a) Klik Tombol “Peduli” di Halaman utama aplikasi mapan;
b) Masuk ke halaman kampanye Mapan Peduli;
c) Klik tombol “Ajukan Bantuan”;
d) Masuk ke halaman formulir pengajuan;
e) Baca syarat di halaman 1 dan 2 dan klik “saya setuju”;
f) Isi Formulir sesuai data yang diminta, lalu klik tombol “Submit”;
g) Pengajuan selesai, tunggu proses selanjutnya; dan
h) Permintaan akan diproses dalam 7 hari kerja dan akan diinfo oleh pihak Mapan.
Mapan Mart
a. Definisi Mapan Mart
1) Mapan bekerjasama dengan Blibli melalui Bliblimart menyediakan layanan untuk
memenuhi kebutuhan harian (bahan pokok dan makanan) Mitra Usaha Mapan.
2) Mapan Mart adalah salah satu solusi bagi Mitra Usaha Mapan untuk membantu keluarga dan anggotanya dengan menyediakan barang-barang pokok dan
kebutuhan sehari-hari.
b. Ketentuan Layanan Mapan Mart
1) MUM dengan ini mengakui dan setuju bahwa Mapan hanya bertindak sebagai penyedia Aplikasi untuk menghubungkan Anda dengan ​PT Global Digital Niaga sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan
hukum negara Republik Indonesia yang bertindak sebagai ​pemilik ​Halaman Web dan penyedia Layanan Mapan Part (“​BliBli​”). Oleh karena itu segala hubungan hukum atas setiap Transaksi terjadi antara MUM dengan BliBli beserta dengan seluruh pihak lainnya yang terkait dengan Transaksi.
2) MUM dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa:
a) Pembayaran atas harga Transaksi kepada BliBli;
b) Pemenuhan pengantaran barang;
c) Penyampaian keluhan dari MUM untuk layanan Mapan Mart; dan
d) Penanganan pelanggan lainnya seperti pengembalian uang dan barang
hanya tunduk pada syarat dan ketentuan aplikasi BliBli dan penyedia sistem pembayaran pada aplikasi BliBli (​https://www.blibli.com/faq/​), ​kecuali Mapan menyediakan metode Pembayaran lainnya dan penanganan konsumen di kemudian hari.
3) MUM bertanggung jawab dan memiliki kewenangan penuh atas setiap keputusan melakukan Transaksi dan dengan melakukan Transaksi MUM menyatakan bahwa:
a) MUM akan terdaftar sebagai pengguna aplikasi BliBli dan keluar dari sistem
Mapan;
b) MUM tunduk kepada syarat dan ketentuan aplikasi BliBli; dan
c) Mapan hanya dapat membantu MUM untuk mengajarkan MUM menyampaikan
keluhan dan/atau pertanyaan kepada BliBli dan MUM tidak dapat menyampaikan keluhan dan/atau pertanyaan MUM sehubungan dengan layanan Mapan Mart untuk diselesaikan oleh Kami.
4) MUM wajib bertransaksi melalui prosedur Transaksi yang telah ditetapkan oleh BliBli. MUM melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh MUM sendiri yang tersedia pada ​Halaman Web Mapan Mart BliBli.
5) Saat melakukan pembelian Barang, MUM menyetujui bahwa MUM masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika MUM membeli suatu Barang dengan MUM menjadi pembeli dan BliBli sebagai penjual dan Mapan tidak memiliki hubungan antara MUM dan BliBli sehubungan dengan Transaksi.
6) MUM memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab BliBli yang menawarkan Barang tersebut.
c. Mekanisme Mapan Mart
1) Klik Mart icon di Aplikasi Mapan;
2) Klik “Mulai Jualan”;
3) Pilih barang dan klik “Beli Sekarang”;
4) MUM akan diminta untuk login dan klik “Masuk”;
6.
5) Pilih “Checkout” dan klik “Tambah Alamat” untuk masuk ke halaman alamat pengiriman;
6) Tuliskan alamat lengkap dan catatan untuk patokan lokasi, lalu pilih “Simpan” dan kembali ke halaman pengiriman;
7) Pastikan alamat dan barang sudah sesuai, lalu pilih “lanjut” dan masuk ke halaman pembayaran;
8) Pada halaman pembayaran, MUM dapat memilih metode pembayaran yang tersedia (saat ini tersedia GoPay, Kartu Kredit/Debit, dan Alfamart/Indomaret), lalu pilih “Bayar” dan lakukan pembayaran sesuai metode sampai sukses;
9) MUM dapat melihat status pesanan pada “Akun” dan pilih “Daftar Pesanan”;
10)Pengiriman menggunakan jasa Blibli dan Kurir yang ditunjuk Blibli dengan jenis
pengiriman: ​Standard​, ​Express,​ ​Same Day,​ dan ​Instant;​
11) Durasi pengiriman akan berbeda-beda, tergantung jasa pengiriman yang dipilih oleh
MUM dan alamat pengiriman yang dipilih MUM; dan
12) Biaya Pengiriman akan berbeda-beda, tergantung jasa pengiriman yang dipilih oleh
MUM dan alamat domisili MUM.
Mapan Sayur
a. Definisi dan ketentuan Mapan Sayur
1) Mapan Sayur adalah adalah salah satu solusi bagi Mitra Usaha Mapan untuk
menambah penghasilan dengan melayani kebutuhan sayur dan buah harian anggota
dan keluarga.
2) MUM dengan ini mengakui dan setuju bahwa Mapan hanya bertindak sebagai
penyedia Aplikasi untuk menghubungkan MUM dengan ​PT Kreasi Nostra Mandiri sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang bertindak sebagai ​pemilik ​Halaman Web dan penyedia Layanan Mapan Sayur (“​Sayurbox​”). Oleh karena itu, segala hubungan hukum atas setiap Transaksi terjadi antara MUM dengan Sayurbox beserta dengan seluruh pihak lainnya yang terkait dengan Transaksi.
3) MUM dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa:
a) Pembayaran atas harga Transaksi kepada Sayurbox dan pengembalian dana dari
Sayurbox kepada Anda;
b) Pemenuhan pengantaran barang; dan
c) Penyampaian keluhan dari Anda untuk layanan Mapan Sayur.
hanya tunduk pada syarat dan ketentuan ​aplikasi Sayurbox dan penyedia sistem pembayaran pada aplikasi Sayurbox​, ​kecuali Mapan menyediakan metode Pembayaran lainnya dan penanganan konsumen di kemudian hari.
4) MUM bertanggung jawab dan memiliki kewenangan penuh atas setiap keputusan melakukan Transaksi dan dengan melakukan Transaksi MUM menyatakan dan memahami bahwa:
a) MUM akan terdaftar sebagai pengguna aplikasi Sayurbox dan keluar dari sistem
Mapan;
b) MUM tunduk kepada syarat dan ketentuan aplikasi Sayurbox; dan
c) Mapan dapat membantu MUM untuk menyampaikan keluhan dan/atau
pertanyaan MUM kepada Sayurbox dan penyelesaian keluhan akan dilakukan
oleh Sayurbox.
5) MUM wajib bertransaksi melalui prosedur Transaksi yang telah ditetapkan oleh
Sayurbox. MUM melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh MUM sendiri yang tersedia pada Halaman Web Mapan Sayur.
6) Saat melakukan pembelian Barang, MUM menyetujui bahwa MUM masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika MUM membeli suatu Barang dengan MUM menjadi pembeli dan Sayurbox sebagai penjual dan Mapan tidak memiliki hubungan antara MUM dan Sayurbox sehubungan dengan Transaksi.
7) MUM memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang dan ​area coverage (saat ini baru tersedia di Jabodetabek) merupakan tanggung jawab Sayurbox yang menawarkan Barang tersebut.
b. Mekanisme Mapan Sayur
1) Klik icon Mapan Sayur;
2) Klik “Mulai Jualan” dan akan masuk ke halaman Sayurbox;
3) Ganti tanggal untuk memilih tanggal pengiriman;
4) Klik “Lihat Semua” untuk melihat semua produk;
5) Klik “Beli” pada produk yang diinginkan;
6) Klik “Checkout” untuk melakukan pembayaran;
7) Login dengan akun ​facebook​;
8) Isi nama, nomor ​handphone​, dan alamat Email;
9) Klik titik pengiriman;
10) Tuliskan alamat lengkap dan catatan untuk patokan lokasi;
11) Pastikan alamat dan barang sudah sesuai;
12) MUM dapat checklist pengiriman tanpa plastik, dapat memeriksa estimasi tanggal
barang pesanan sampai, lanjut ke Metode Pembayaran;
13) MUM dapat memilih metode pembayaran yang ditampilkan;
14) MUM selesaikan pembayaran sebelum batas waktu pembayaran;
15) MUM dapat melihat status pesanan pada “My Order”;
16) Pengiriman Mapan Sayur dilakukan dari H+1 hingga H+3 dari tanggal pembayaran
berhasil dilakukan. MUM dapat memilih hari pengiriman. Pemilihan hari pengiriman
juga menentukan produk yang tersedia di hari tersebut; dan
17) Pengiriman dilakukan langsung oleh jasa kirim Sayurbox di hari dan jam yang sudah
dipilih saat pemesanan.
7. Timbal Balik Transaksi Produk/Layanan Mapan
a. Bonus Penjualan
MUM berhak mendapatkan bonus dari Mapan Arisan karena telah menjadi MUM dan menyelesaikan jalannya kelompok arisan. Bonus akan terus bertambah pada setiap periode dan diberikan di setoran akhir arisan dengan metode potong setoran arisan terakhir. MUM juga berhak untuk mendapatkan bonus dari layanan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. Besaran dan ketentuan periode pencairan bonus terhadap layanan Mapan dapat berubah sewaktu-waktu.
b. Poin Mapan
1) MUM berhak mendapatkan Poin Mapan apabila melakukan sejumlah transaksi
sesuai ketentuan dari Mapan.
2) Poin Mapan yang telah terkumpul dalam nominal tertentu akan dicairkan melalui
Gopay atau mekanisme lain yang ditentukan oleh Mapan pada H+2 (hari kerja).
c. Bentuk timbal balik lainnya seperti cashback, hadiah langsung (barang, pulsa, dan
lainnya), dan potongan harga.
8. Cara pengajuan tiket pertanyaan dan atau keluhan ke Melati dan/atau ​Customer Service Partner​ Mapan
a. MUM dapat menghubungi Melati melalui ​WA dan Call di 1500127. Via WA caranya: Tulis
format ​bantuan#nomor HP terdaftar#keluhan ​kemudian kirimkan ke no WA
081511500127.
b. MUM juga dapat memilih tombol bantuan pada Aplikasi Mapan, dengan cara:
1) Buat tiket baru, pilih kategori keluhan & isi deskripsi tiket sesuai dengan keluhan,
lalu kirim.
2) Jika Tiket bantuan selesai, maka Tim Melati akan memberikan respons dengan
estimasi waktu 1×24 jam hari kerja.
c. MUM dapat menghubungi langsung ​Customer Service dari ​Partner yang bekerjasama
dengan Mapan sesuai informasi yang tertera pada Aplikasi Mapan.
d. Apabila ada pengembalian/retur barang dari MUM, maka
1) Melati akan melakukan verifikasi berdasarkan foto dan atau video kondisi barang yang dikirimkan MUM.
2) Melati berhak menolak pengembalian barang yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pengembalian barang tanpa kompensasi apapun.
9. Ketentuan Penonaktifan MUM
Penonaktifan MUM dapat dilakukan sewaktu-waktu, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Bagi MUM yang masih belum memiliki transaksi, dapat mengajukan penonaktifan
dengan menghubungi Melati di 1500127 atau menu bantuan di Aplikasi.
b. Bagi MUM yang sudah memiliki transaksi pembelian atau sudah memiliki kelompok arisan, maka dalam proses penonaktifan sebagai MUM wajib untuk memastikan bahwa
tidak ada transaksi pembelian yang masih dalam proses.
c. Bagi MUM yang mengajukan penonaktifan, dapat melakukan pencairan bonus dalam
waktu maksimal 6 (enam) bulan sejak transaksi terakhir di Aplikasi Mapan atau 1 (satu)
bulan sejak penonaktifan sebagai MUM melalui menu bantuan di Aplikasi Mapan.
d. Apabila MUM tidak aktif menggunakan Aplikasi, maka MUM Binaannya akan tetap
sebagai jaringan Mapan.
e. Seorang MUM yang telah sah menonaktifkan diri dari Aplikasi Mapan, maka dapat
mengajukan kembali kemitraannya dengan menempuh prosedur MUM baru setelah 1 (satu) bulan sejak tanggal pengajuan penonaktifan. Pengajuan kembali setelah jangka waktu tersebut harus dilakukan ulang sesuai prosedur pengajuan awal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY