Tips Keuangan: 7 Trik Belanja Cerdas

4460
0
SHARE
tips keuangan
7 Trik Belanja Cerdas

Sahabat Mapan punya hobi belanja? Mulai sekarang kita coba belanja bulanan dengan cara yang pintar lewat 7 tips keuangan berikut yuk!

Belanja barang sehari-hari di supermarket memang lebih nyaman, tapi ternyata belanja di supermarket juga bisa bikin kamu lebih hemat lho! Yang kamu perlukan adalah ketelitian dan disiplin diri dalam berbelanja agar tidak boros. Ada baiknya juga kalau belanja sesuai dengan budget yang ada, hindari besar pasak daripada tiang. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli produk bermerek dengan harga selangit! Kamu juga bisa kok mendapatkan produk dengan kualitas tak kalah bagus dengan barang bermerek tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Belanjalah sesuai dengan apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Pengen tahu caranya biar kamu bisa tetap berhemat saat belanja di supermarket? Yuk, simak beberapa tips keuangan berikut biar kamu bisa belanja dengan lebih hemat!

1Buat daftar belanja

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum belanja adalah mencatat dengan detail apa saja barang yang perlu dibeli. Buatlah daftar barang yang terpenting dulu, setelah itu baru barang-barang yang sifatnya remeh. Hal ini nantinya tak hanya akan menahan kamu dari godaan untuk membeli barang di luar daftar kebutuhan, tetapi juga membantu kamu memperkirakan berapa besar biaya yang dibutuhkan saat belanja.

Sebelum membuat daftar belanja, sebaiknya kamu juga membuat rencana menu yang akan dimasak untuk 2 minggu ke depan terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kamu lebih menghemat banyak pengeluaran karena bisa sekali belanja saja. Manfaatkan promo bahan makanan atau barang yang memang dibutuhkan sesuai dengan daftar belanja kamu. Sebelum pergi belanja, jangan lupa juga untuk mengecek stok barang yang ada di rumah seperti perlengkapan mandi, produk perawatan wajah, bahan masakan, dan lain-lain apakah sudah habis atau perlu membeli yang baru.

2Bawa uang sesuai kebutuhan

Jika kamu sudah mengetahui berapa perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat belanja, bawa uang secukupnya saja agar tidak tergoda untuk belanja lebih dari yang diperlukan. Tapi jangan terlalu pas juga, karena siapa tahu barang yang ingin kamu beli stoknya sedang habis, jadi mau tak mau kamu terpaksa membeli produk alternatif yang harganya lebih mahal. Atau, mungkin saja harga barang yang ingin kamu beli harganya sudah naik. Bawa tambahan uang belanja sekitar 10% dari perkiraan jumlah belanja untuk mengantisipasi hal tersebut. Dengan hanya membawa uang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan utama yang sudah dibuat dalam daftar belanja. Kalau pun ada sisa, terserah mau dipakai lagi atau disimpan untuk tabungan dana darurat.

3Bandingkan harga di toko satu dengan toko lainnya

Rajin-rajinlah membandingkan harga barang di tukang sayur, minimarket, supermarket, atau toko grosiran. Perhatikan harga sebuah barang, terutama barang kebutuhan keluarga yang sering kamu beli, apakah harga di toko langganan kamu ternyata cenderung lebih mahal atau murah jika dibandingkan dengan tempat lain? Jika ternyata lebih murah, jangan senang dulu, kamu juga harus lebih teliti lagi dalam memperhatikan kualitas bahan makanan atau produk tersebut, apakah sesuai dengan yang kamu harapkan atau tidak. Jangan pernah mengorbankan kualitas dengan harga yang sedikit lebih murah.

4Beli barang dalam jumlah banyak

Belanja dalam jumlah yang besar akan jauh lebih menghemat biaya pengeluaran dan bisa digunakan hingga dua atau tiga bulan ke depan jika kamu bisa pintar-pintar mengatur jumlah pemakaian barang dan bahan makanan yang sudah dibeli. Pasar, toko, atau supermarket biasanya akan memberikan harga yang jauh lebih murah jika kamu membeli produk yang sama dalam jumlah yang banyak. Tapi meskipun besar dan banyak, tetap belanja dalam jumlah yang sewajarnya ya!

5Mencatat pengeluaran belanja

Setiap selesai belanja, jangan lupa untuk selalu meminta resi atau bon belanja kepada kasir atau penjual tempat kamu berbelanja. Bisa juga membawa buku catatan untuk mencatat sendiri pengeluaran belanja hari itu. Dengan rutin mencatat pengeluaran setiap selesai berbelanja, kamu jadi bisa memperkiraan biaya belanja bulan berikutnya sekaligus juga mencari celah untuk melakukan penghematan.

6Langsung pulang setelah belanja

Jika kamu sudah selesai berbelanja sesuai dengan daftar yang sudah dibuat dan anggaran yang telah ditentukan, jangan jalan-jalan atau cuci mata dulu! Sebaiknya kamu langsung pulang saja, karena dengan berkeliling kamu nantinya malah jadi tertarik dengan barang lain yang tidak seharusnya dibeli.

7Disiplin dengan daftar belanja yang sudah dibuat

Jika kamu masih saja gagal belanja hemat padahal sudah membuat daftar belanja dan mengikuti tips keuangan ini, hal penting yang perlu diingat adalah DISIPLIN dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Tak masalah jika kamu ingin membeli barang yang tidak ada di dalam daftar belanja, asalkan semua barang penting dalam daftar belanja kamu sudah berhasil terbeli semua dan itu pun kalau kamu masih memiliki sisa uang belanja.

 

Gimana Sahabat Mapan? Sebenarnya membiasakan hidup hemat itu tidak sulit lho! Yang kamu butuhkan adalah keteguhan hati dan disiplin diri yang kuat dalam menjalankan tips keuangan yang sudah dijelaskan di atas. Oh iya, satu lagi! Jangan lupa makan dulu sebelum kamu pergi belanja, biar nggak kalap pengen beli ini itu di tempat belanja nanti.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY