Syarat dan Ketentuan MUM

 

Syarat dan Ketentuan MUM ini mengatur hubungan antara MUM dengan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan” atau “Kami”), dengan ketentuan sebagaimana tertera dibawah ini.

 

 

  • Istilah Umum

 

Definisi sebagaimana disebutkan dibawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:

  1. Akun adalah representasi diri Pengguna di suatu sistem elektronik milik Kami sehingga Pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan pada sistem elektronik milik Kami.
  2. Aplikasi adalah Aplikasi Mapan Baru atau New Mapan App, yaitu Aplikasi buatan Mapan yang memiliki fitur untuk mengelola arisan dan/atau produk/layanan lainnya yang disediakan khusus oleh Mapan kepada Pengguna sehubungan dengan status Pengguna sebagai MUM atau Kader.
  3. Binaan adalah MUM yang mendaftarkan diri menggunakan kode referral dari MUM yang telah terdaftar sebelumnya (existing), dan telah menggunakan produk/layanan Mapan.
  4. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi pada saat Anda melakukan pendaftaran maupun penggunaan Aplikasi, seperti nama lengkap, foto diri, nomor telepon genggam, alamat rumah, kartu keluarga, nomor induk kependudukan, tanggal/bulan/tahun lahir, identitas perangkat, data lokasi, dan data keuangan pribadi;
  5. MAPAN adalah PT Rekan Usaha Mikro Anda sebagai pemilik Aplikasi;
  6. Mitra Usaha Mapan (“MUM”) adalah Pengguna Aplikasi yang telah terdaftar di Aplikasi dan telah menggunakan produk/layanan Mapan;
  7. Pembina adalah MUM yang telah memiliki minimal satu Binaan.
  8. Timbal balik adalah manfaat yang diperoleh MUM ketika menjalankan produk/layanan Mapan termasuk namun tidak terbatas pada Bonus Arisan, Poin Mapan, potongan harga, dan manfaat lainnya yang ditentukan oleh Mapan.

 

 

  • Status Anda sebagai MUM

 

    1. Status Anda terdaftar sebagai MUM adalah setelah mendaftarkan diri di Aplikasi dan telah menggunakan produk/layanan Mapan;
    2. MUM hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) akun yang mengacu kepada Nomor Induk Kependudukan (NIK);

 

    1. MUM hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 (satu) nomor telepon genggam yang aktif, apabila ingin mengganti nomor telepon genggam dan/atau data pribadi lainnya, maka wajib menghubungi Melati di nomor telepon 1500127 ataupun nomor lain yang ditunjuk oleh Mapan di media resmi Mapan;
    2. Pengakhiran status sebagai MUM dapat terjadi apabila MUM melakukan:
  1. Melakukan pembatalan sesuai poin 2.h diatas.
    1. Melakukan larangan yang disebutkan pada Batasan, Hak, dan Kewajiban MUM.
    2. MUM meninggal dunia.
    1. Pengakhiran seketika terjadi apabila:
  1. MUM dengan sengaja merusak nama baik Mapan dan afiliasinya; dan
  2. MUM melakukan tindakan penipuan dan penggelapan terkait dengan transaksi dan keanggotaan Mapan.
  3. Melakukan pelanggaran terhadap kode etik/kebijakan/prosedur yang berlaku di Mapan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dengan memberitahukan pemberitahuan tertulis kepada Anda.
    1. Dalam hal Mapan memberhentikan status Anda sebagai MUM sebagaimana disebutkan dalam poin (e) di atas, maka Mapan memiliki hak untuk menutup ataupun tidak memberikan akses Akun MUM dalam Aplikasi;
    2. Penyalahgunaan status MUM dapat berakibat fatal dan Mapan tidak akan segan-segan untuk melaporkan Anda kepada pihak yang berwajib.

 

 

  • Kriteria MUM

 

Kriteria MUM ditentukan oleh Mapan dan dapat berubah tanpa persetujuan MUM terlebih dahulu.

 

 

  • Kewajiban MUM

 

    1. MUM wajib untuk mematuhi kode etik/kebijakan/prosedur yang ditetapkan oleh Mapan, termasuk namun tidak terbatas kepada syarat dan ketentuan MUM ini;
    2. MUM wajib untuk mematuhi undang-undang dan peraturan hukum yang berlaku;
    3. MUM wajib memberikan informasi yang benar pada saat mendaftar menjadi MUM;
    4. MUM wajib memberikan informasi yang benar tentang produk/layanan Mapan kepada Anggota/Pelanggan;
    5. MUM disarankan mengingatkan binaannya agar aktif menjalankan produk/layanan Mapan dan tidak melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku;
    6. MUM wajib mengelola sendiri produk/layanan Mapan yang dijalankannya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku;

 

    1. MUM wajib menjaga kode etik dalam berkomunikasi di media sosial serta dilarang memberikan informasi palsu di komunitas Mapan seperti di grup Facebook Gugus Mapan, halaman Facebook Makin Mapan, Fitur Chat Rumpi di Aplikasi, Kopdar Mapan, dan media komunikasi resmi lainnya.

 

 

  • Larangan MUM

 

    1. MUM dilarang merekrut binaan/anggota yang telah diketahui memiliki niat untuk  melanggar ketentuan yang telah ditetapkan Mapan.
    2. MUM dilarang melakukan setiap tindakan yang dilarang oleh hukum ataupun dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum yang berlaku;
    3. MUM dilarang melakukan perbuatan asusila, penganiayaan, penghinaan, penipuan atau pengancaman pihak ketiga baik Anggota, MUM lainnya, ataupun pihak ketiga lainnya yang dapat merugikan;
    4. MUM dilarang membujuk MUM lain melakukan tindakan yang dapat diancam hukuman pidana;
    5. MUM dilarang, baik dengan sengaja atau karena kelalaiannya, melakukan perbuatan atau membiarkan diri sendiri, Anggota/Pelanggan, dan/atau MUM lainnya berada dalam keadaan yang dapat menimbulkan bahaya ke masing-masing pihak;
    6. MUM dilarang melakukan kegiatan, baik dengan sengaja atau karena kelalaiannya, yang dapat menghasilkan pencemaran nama baik Mapan, Anggota/Pelanggan, karyawan dan afiliasi dari Mapan;
    7. MUM dilarang memberikan informasi mengenai Mapan yang tidak disediakan oleh media resmi perusahaan termasuk namun tidak terbatas pada data pribadi Kader, Anggota/Pelanggan, dan/atau MUM lainnya, seperti nama lengkap, nomor telepon genggam, dan alamat rumah yang berpotensi disalahgunakan oleh Pihak yang tidak bertanggung jawab serta wajib mematuhi Kebijakan Privasi yang terdapat di Aplikasi;
    8. MUM dilarang menyalahgunakan nama dan aset Mapan untuk kepentingan pribadi, misalnya:
  1. Membuat perjanjian atas nama Mapan.
  2. Membuat program promosi pribadi mengatasnamakan Mapan.
  3. Menggunakan aset atau komunitas Mapan untuk mempromosikan produk atau layanan lain. (Harus dijelaskan bahwa promo tersebut bukan dari Mapan dan/atau komunitas Mapan).

 

    1. Kecuali diinstruksikan oleh Mapan secara tertulis melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Mapan, MUM dilarang untuk memungut biaya untuk jasa yang diberikan kepada Anggota/Pelanggan/MUM lainnya berdasarkan kerjasama dengan Mapan melalui Persyaratan ini, termasuk namun tidak terbatas kepada dalam memungut jumlah uang dalam bentuk ‘tips’ kepada Anggota/Pelanggan/MUM lainnya;
    2. MUM dilarang untuk meretas atau melakukan modifikasi Telepon Genggam atau menambahkan Aplikasi dengan tujuan untuk menambah akun atau untuk tujuan lain yang dilarang oleh Mapan;
    3. MUM dilarang untuk meminjamkan, menyewakan, maupun mengalihkan akses Akun Aplikasi kepada Pihak lain termasuk untuk pelayanan kepada Anggota/Pelanggan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Mapan;
    4. MUM dilarang mendaftarkan MUM binaan fiktif, dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Mendaftarkan seseorang sebagai Binaan tetapi orang tersebut tidak ada.
    1. Data yang didaftarkan dimanipulasi dalam arti identitas dan atau nomor telepon genggam orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian.

 

 

  • Persetujuan

 

    1. MUM menyetujui bahwa Mapan dapat menghubungi MUM baik melalui telepon, media sosial, dan media komunikasi lainnya selama menjadi MUM;
    2. MUM menyetujui:
  1. Untuk melaporkan kepada Mapan dengan segera apabila dirinya melakukan pelanggaran atas Persyaratan ini dan/atau kode etik/kebijakan/prosedur yang telah ditentukan ataupun mengetahui bahwa adanya pelanggaran Persyaratan ini dan/atau kode etik/kebijakan/prosedur yang dilakukan oleh MUM lainnya, dan
  2. Untuk menerima dan menjalankan proses pemeriksaan serta sanksi yang diberlakukan oleh Mapan (jika terbukti melakukan pelanggaran) yang telah diinformasikan oleh Mapan maupun afiliasinya kepada MUM sebelumnya melalui media komunikasi yang ditentukan Mapan;
    1. MUM menyetujui bahwa semua risiko maupun kewajiban yang disebabkan oleh kelalaian MUM merupakan tanggung jawab MUM;
    2. MUM menyetujui bahwa Mapan maupun setiap afiliasinya tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk kerugian tidak langsung yang meliputi kerugian keuntungan, kehilangan data, cedera pribadi atau kerusakan properti sehubungan dengan, atau diakibatkan oleh penggunaan Aplikasi, maupun kegiatan Anda sebagai MUM;

 

    1. MUM menyetujui bahwa Mapan tidak bertanggung jawab atas kerusakan, kewajiban, atau kerugian yang timbul karena penggunaan atau ketergantungan MUM terhadap Aplikasi atau ketidakmampuan MUM mengakses atau menggunakan Aplikasi;
    2. MUM berjanji untuk membebaskan dan memberikan ganti rugi (apabila ada kerugian) kepada Mapan, para karyawan Mapan maupun afiliasi dari Mapan dari semua tuntutan maupun kewajiban yang mungkin timbul dikarenakan kelalaian MUM sebagaimana dinyatakan dalam pasal ini maupun yang mungkin timbul dikarenakan pelanggaran MUM atas Persyaratan;
    3. MUM menyetujui bahwa apabila MUM melanggar ketentuan dalam Persyaratan ini maupun kode etik/kebijakan/prosedur yang ditetapkan oleh Mapan maupun dalam hal MUM tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditentukan oleh Mapan, Mapan mempunyai hak untuk memberikan sanksi kepada MUM dalam bentuk yang ditentukan oleh Mapan, termasuk, namun tidak terbatas kepada, pemberian peringatan tertulis ataupun digital, pembatasan atau penolakan akses MUM kedalam Akun MUM dalam Aplikasi, media sosial, ataupun kegiatan resmi Mapan pengurangan/penundaan pencairan/penghapusan timbal balik MUM, pengakhiran persyaratan ini maupun memproses tindakan MUM melalui gugatan perdata (termasuk untuk ganti rugi) maupun pidana, sebagaimana Undang-Undang/peraturan yang berlaku di Indonesia.

 

 

  • Keberlakuan Syarat dan Ketentuan

 

  1. Syarat dan ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian kerja sama antara Mapan dan MUM yang bersangkutan dan berlaku efektif sebagai perjanjian antara Mapan dan MUM sejak Anda mendaftarkan diri sebagai MUM dan/atau memberikan persetujuan Anda terhadap syarat dan ketentuan ini dengan cara menandatangani atau menyetujui secara elektronik syarat dan ketentuan ini;
  2. Dengan menyetujui syarat dan ketentuan ini Anda memiliki kewajiban untuk menaati setiap syarat dan ketentuan  yang tercantum pada dokumen ini;
  3. Setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Mapan, dapat diubah atau ditambahkan oleh Mapan dari waktu ke waktu, sehubungan dengan pendaftaran Akun dan penggunaan Aplikasi serta Persyaratan produk/layanan Mapan dan afiliasinya, sebagaimana berlaku, diinformasikan atau diumumkan kepada Anda melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh Mapan dan afiliasinya;
  4. Selama Anda menggunakan Aplikasi, maka Anda tunduk dengan segala ketentuan yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan ini;

 

  1. Mapan dan Anda merupakan rekan kerjasama dimana masing-masing merupakan subyek hukum yang berdiri sendiri dan independen. Syarat dan ketentuan ini tidak menciptakan hubungan ketenagakerjaan, outsourcing atau keagenan diantara masing-masing Mapan dan Anda.

 

 

  • Ketentuan Lain 

 

Penyelesaian Sengketa

Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan/atau pelaksanaan dari Persyaratan ini maka Mapan dan MUM sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang dimaksud dengan cara musyawarah. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka Mapan dan MUM sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

 

Bentuk Perjanjian

Para Pihak sepakat dan setuju bahwa Perjanjian ini dapat dibuat dalam bentuk kontrak elektronik atau kontrak basah dan memiliki kekuatan hukum yang sama sehingga mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan.

 

 

  • Penggunaan informasi pribadi 

 

  1. MUM menyetujui bahwa Mapan berhak untuk mengumpulkan dan menggunakan setiap informasi yang diberikan maupun dihasilkan oleh MUM sebagaimana diatur juga dalam informasi tersebut termasuk namun tidak terbatas kepada Informasi Pribadi yang diberikan oleh MUM pada saat penggunaan Aplikasi.
  2. MUM dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan Aplikasi, baik informasi mengenai Mapan maupun mengenai MUM, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari Mapan.

 

 

  • Keterpisahan

 

Jika ada salah satu dari Syarat dan Ketentuan ini dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan secara menyeluruh atau sebagian, maka berdasarkan hukum, ketentuan atau sebagian ketentuan ini harus dianggap sebagai bagian terpisah dari Perjanjian ini, tetapi keabsahan, keberlakuan, dan penerapan ketentuan lainnya dari Perjanjian ini tidak akan terpengaruhi.

 

Dalam hal ini, Mapan akan mengganti bagian ketentuan yang sudah tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan dengan ketentuan yang berlaku, sah, dan dapat dilaksanakan dan yang, sedapat mungkin, memiliki efek serupa seperti bagian ketentuan yang tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan sebagian, dengan mempertimbangkan isi dan tujuan Perjanjian ini.

 

 

  • Persetujuan Para Pihak 

 

Persetujuan Para Pihak Perjanjian ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara kontrak elektronik maupun basah oleh Mapan dan MUM dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah memberikan persetujuan ini maka MUM dianggap telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat & Ketentuan MUM dengan penuh tanggung jawab.