SYARAT DAN KETENTUAN ARISAN MAPAN

 

Batasan, Hak dan Kewajiban Ketua Arisan dan Anggota Arisan

    1. Ketua Arisan Mapan adalah Agen PT RUMA baik level Dealer atau level Rekan Usaha yang menjalankan Arisan Mapan.
    2. Semua hak dan kewajiban yang dimiliki oleh Ketua Arisan sesuai dengan level Agen tersebut (Dealer atau Rekan Usaha)
    3. Semua proses pendaftaran Ketua Arisan akan mengikuti level Agen
    4. Pendaftaran Ketua dan Kelompok Arisan Mapan tidak dipungut biaya apapun
    5. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar tidak lain dari yang sebenarnya pada saat mendaftar menjadi Ketua Arisan
    6. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar tidak lain dari yang sebenarnya tentang produk Arisan Mapan kepada anggota Kelompok Arisan
    7. Ketua Arisan wajib memastikan Kelompok Arisannya berjalan dengan baik dan lancar dan tidak terjadi tunggakan
    8. Ketua Arisan dilarang mendaftaran anggota kelompok fiktif, yaitu mendaftarkan orang sebagai anggota Kelompok Arisan tetapi orang tersebut tidak ada; atau indentitas orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian
    9. Ketua Arisan wajib menyetorkan uang setoran dari anggota ke PT RUMA sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan oleh sistem aplikasi Arisan Mapan
    10. Ketua Arisan wajib menyerahkan barang yang diterima dari PT RUMA untuk anggotanya dengan segera, dalam keadaan baik seperti pada saat semula pengiriman
    11. Ketua Arisan dan/ atau Anggota wajib mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila merasa tidak pernah memesan barang yang diterima atau barang belum dibayar dan pesanan sedang dalam proses pembatalan.
    12. Ketua Arisan dan/ atau Anggota Arisan dilarang mengembalikan barang retur apabila tidak memenuhi satu atau beberapa alasan tersebut dalam poin (4.1)
    13. Ketua Arisan dan/ atau Anggota Arisan wajib mengembalikan barang retur dalam kondisi yang lengkap dan baik seperti pada saat semula menerima barang

 

Proses Pendaftaran Ketua dan Kelompok Arisan Mapan

    1. Hari/Tanggal Setoran adalah batas maksimal pembayaran untuk kelompok di periode tersebut
    2. Kode Referensi adalah kode yang Ketua Arisan dapatkan dari media ataupun karyawan PT RUMA dan dimasukkan saat pendaftaran di aplikasi Arisan Mapan. Jika Ketua Arisan tidak memiliki kode tersebut, kolom Kode Referensi dapat dikosongkan.
    3. Kode Promo adalah kode unik yang dimiliki oleh masing-masing Ketua Arisan atau Kode Promosi yang muncul di waktu tertentu. Ketua Arisan dapat memasukkan kode unik Ketua Arisan lain untuk saling mendapatkan keuntungan atau memasukkan Kode Promosi agar bisa mendapatkan keuntungan menarik.
    4. Ketua Arisan menggunakan Handphone milik sendiri yang sudah terinstal aplikasi Arisan Mapan untuk mendaftarkan kelompok secara mandiri
    5. Dalam hal Ketua Arisan tidak mempunyai Handphone dengan aplikasi Arisan Mapan, maka pendaftaran kelompok bisa dilakukan melalui Melati
    6. Ketua Arisan dapat mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Tidak ada batasan jumlah pengajuan arisan. Selain itu, tidak ada pembatasan pula untuk jumlah arisan yang sedang berjalan (sedang AKTIF). Ketua Arisan dapat memiliki arisan aktif sebanyak mungkin.
    7. Anggota dapat memesan lebih dari 1 barang dalam 1 kocokan
    8. Periode Arisan terdiri dari mingguan dan bulanan dengan jumlah anggota maksimal masing-masing adalah 15 orang untuk mingguan dan 5 orang untuk bulanan. Perihal adanya pilihan arisan bulanan untuk 10 orang, arisan tersebut hanya diperuntukkan untuk barang tertentu saja.

 

PELAKSANAAN DAN PEMBAYARAN ARISAN MAPAN

    1. Kocokan pertama dimulai minimal 7 hari setelah Ketua Arisan mendapat SMS konfirmasi (tergantung Hari/Tanggal Setoran)
    2. Anggota Arisan rutin menyetorkan uangnya setiap periode kepada Ketua Arisan
    3. Jumlah uang yang disetorkan oleh Anggota Arisan kepada Ketua Arisan adalah sejumlah Harga Barang/Jumlah Anggota. Jika barang yang dipilih berbeda, maka setoran tiap orang akan berbeda sesuai harga barangnya.
    4. Setelah menerima uang dari Anggota, Ketua Arisan bayar setoran kelompok melalui Dealer Payment Point, transfer Bank, atau menggunakan saldo Mapan
    5. Setoran yang dibayarkan oleh Ketua Arisan setiap periode adalah sejumlah setoran kelompok di periode tersebut
    6. Jika Ketua Arisan membayar setoran ke kelompok yang salah, maka segera hubungi Melati dalam 1×24 jam
    7. Jika terdapat Anggota yang tidak membayar uang setoran, maka Ketua Arisan atau Anggota Arisan lainnya dapat menanggung uang setorannya. Sehingga, pastikan anggota yang bergabung di kelompok mempunyai komitmen untuk rutin membayar uang setoran.
    8. Jika pada Hari/Tanggal Setoran setoran kelompok belum dibayar, maka status kelompok tersebut menjadi suspended atau dihentikan.
    9. Suspended adalah status arisan untuk kelompok yang ditahan. Kelompok ditahan jika setoran kelompok belum dibayar hingga Hari/Tanggal Setoran.
    10. Untuk kelompok arisan suspended, pengiriman barang di periode tersebut dan periode selanjutnya akan dihentikan.
    11. Adanya status suspended ini tidak membuat periode arisan untuk kelompok tersebut bertambah. Sehingga jumlah setoran yang harus dibayarkan di periode berikutnya adalah 2x lipat (periode saat gagal gagal bayar dan periode setoran berikutnya).
    12. Karena status Suspended, Ketua Arisan tidak dapat membayar sebagian. Seluruh total pembayaran yang telat harus dibayarkan langsung secara bersamaan.
    13. Setelah setoran dibayar, status Suspended otomatis berubah menjadi Aktif
    14. Kocokan Arisan Mapan dilakukan otomatis oleh sistem, bukan seperti kocokan tradisional pada umumnya.
    15. Ketua Arisan akan mendapatkan SMS pemberitahuan pemenang setiap periodenya dalam H-7 Hari/Tanggal Setoran.
    16. Barang tidak dapat diganti ketika Arisan sudah berjalan. Barang arisan harus ditentukan di awal dan tidak boleh diganti dengan barang lain.
    17. Ketua Arisan berhak mendapatkan komisi dari PT RUMA karena telah menjadi Ketua Arisan dan menyelesaikan jalannya kelompok arisan. Komisi akan terus bertambah pada setiap periode dan dapat digunakan setelah kelompok arisan selesai.

 

PERUBAHAN ANGGOTA

    1. Jumlah Anggota dalam kelompok tidak dapat dirubah

 

PENGEMBALIAN/RETUR BARANG

    1. Ketua Arisan/Anggota dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila: barang diterima dalam keadaan rusak, segel/bungkus barang rusak saat diterima, barang tidak berfungsi, barang yang diterima tidak sesuai deskripsi katalog, atau barang yang diterima bukan merupakan barang yang dipesan.
    2. Ketua Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan dengan cara mengirimkan langsung ke alamat retur yang tertera dalam stiker pengembalian. Pelanggan dapat mengirim paket pengembalian dengan menempelkan stiker pengembalian pada barang yang mau dikembalikan.

 

PENGIRIMAN BARANG

    1. Seluruh barang akan diantarkan langsung ke alamat Ketua Arisan. Khusus untuk barang berat, seperti kulkas, mesin cuci, dan furniture, akan diantarkan langsung ke alamat Anggota.
    2. Barang akan diterima paling lambat 3 hari setelah Hari/Tanggal Setoran
    3. Ketua Arisan dapat mengetahui status pengiriman barang melalui nomor resi yang dikirimkan oleh PT RUMA

 

PEMBATALAN KELOMPOK

    1. Pembatalan tidak bisa dilakukan hanya untuk beberapa anggota kelompok. Pembatalan kelompok Arisan harus dilakukan untuk satu kelompok.
    2. Ketua Arisan dapat menghubungi Melati untuk proses pembatalan kelompok.