Syarat dan Ketentuan Ketua Arisan

  • Istilah Umum

Syarat dan Ketentuan Ketua Arisan ini mengatur hubungan Ketua Arisan dengan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan”), dengan ketentuan ketentuan sebagai tertera dibawah ini.

Definisi-definisi sebagaimana disebutkan dibawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:

  1. Akun adalah representasi diri Pengguna di suatu sistem elektronik sehingga Pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan sistem elektronik tersebut.
  2. Aplikasi Arisan Mapan adalah Aplikasi untuk mengelola arisan dan/atau aplikasi lainnya yang disediakan khusus oleh Mapan kepada Anda sehubungan dengan status Anda sebagai Ketua Arisan atau Kader Pro;
  3. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi Mapan pada saat Anda melakukan pendaftaran maupun penggunaan Aplikasi Mapan, seperti nama lengkap, foto diri, nomor telepon genggam, alamat rumah, kartu keluarga, nomor induk kependudukan, tanggal/bulan/tahun lahir, identitas perangkat, data lokasi, dan data keuangan pribadi;
  4. Ketua Arisan Mapan adalah Rekan Usaha Mapan yang menjalankan produk Mapan, mulai dari mendaftarkan kelompok arisannya, mengumpulkan setoran dari anggotanya dari awal arisan sampai selesai, maupun mengelola produk Mapan lainnya;
  5. MAPAN adalah pemilik Aplikasi Arisan Mapan;
  • Ketentuan Umum
  1. Proses Pendaftaran Ketua dan Kelompok Arisan Mapan
  2. Pendaftaran Kelompok Arisan Mapan tidak dipungut biaya apapun.
  3. Tanggal Setoran adalah batas maksimal pembayaran untuk kelompok di periode tersebut.
  4. Kode Referensi adalah kode yang Ketua Arisan dapatkan dan bisa  dimasukkan saat pendaftaran Ketua Arisan Binaan di Aplikasi Mapan. Jika Ketua Arisan tidak memiliki kode tersebut, kolom Kode Referensi dapat dikosongkan.
  5. Kode Promo adalah kode unik yang dimiliki oleh masing-masing Ketua Arisan atau Kode Promosi yang muncul di waktu tertentu. Ketua Arisan dapat memasukkan kode unik Ketua Arisan lain untuk saling mendapatkan keuntungan atau memasukkan Kode Promosi agar bisa mendapatkan keuntungan menarik.
  6. Ketua Arisan menggunakan perangkat telepon genggam Ketua Arisan yang sudah terinstal Aplikasi Mapan untuk mendaftarkan kelompok secara mandiri.
  7. Ketua Arisan dapat mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Tidak ada batasan jumlah pengajuan Arisan. Selain itu, tidak ada pembatasan pula untuk jumlah Arisan yang sedang berjalan (sedang aktif). Ketua Arisan dapat memiliki arisan aktif sebanyak mungkin.
  8. Anggota Arisan dapat memesan lebih dari 1 barang dalam 1 kelompok Arisan.
  9. Periode Arisan adalah bulanan dengan jumlah anggota minimal adalah 4 orang dan maksimal 5 orang. Perihal adanya pilihan arisan bulanan untuk 10 orang, arisan tersebut hanya diperuntukkan untuk barang tertentu saja.

 

  • Pelaksanaan dan Pembayaran Arisan Mapan
  1. Kocokan pertama dimulai minimal 10 (sepuluh) hari setelah Ketua Arisan mendapat SMS konfirmasi (tergantung Tanggal Setoran).
  2. Anggota Arisan rutin menyetorkan uangnya setiap periode kepada Ketua Arisan.
  3. Jumlah uang yang disetorkan oleh Anggota Arisan kepada Ketua Arisan adalah sejumlah Harga Barang dibagi dengan Jumlah Anggota. Jika barang yang dipilih berbeda, maka setoran tiap orang akan berbeda sesuai harga barangnya.
  4. Setelah menerima uang dari Anggota Arisan, Ketua Arisan wajib membayarkan setoran kelompok melalui tim Antar Mapan yang datang ke rumah Ketua Arisan / melalui Indomaret / melalui GoPay ataupun melalui metode pembayaran lainnya yang diinformasikan di Aplikasi Mapan.
  5. Setoran yang dibayarkan oleh Ketua Arisan setiap periode adalah sejumlah setoran kelompok di periode tersebut.
  6. Jika Ketua Arisan membayar setoran ke kelompok yang salah, maka segera hubungi Melati dalam 1×24 jam di menu bantuan Aplikasi Mapan.
  7. Jika terdapat Anggota Arisan yang tidak membayar uang setoran, maka Ketua Arisan atau Anggota Arisan lainnya dapat menanggung uang setorannya. Sehingga, pastikan Anggota Arisan yang bergabung di kelompok mempunyai komitmen untuk rutin membayar uang setoran.
  8. Jika pada Tanggal Setoran, setoran kelompok belum dibayar, maka status kelompok tersebut menjadi Gagal COD.
  9. Gagal COD adalah status arisan untuk kelompok yang setoran kelompoknya belum dibayar hingga Tanggal Setoran.
  10. Untuk kelompok arisan Gagal COD, pengiriman barang di periode tersebut dan periode selanjutnya akan dihentikan dan pilihan pembayaran melalui bayar di tempat tidak berlaku lagi. Pilihan pembayaran setelah Gagal COD hanya berlaku pembayaran melalui Indomaret, GoPay, ataupun melalui metode pembayaran lainnya yang diinformasikan di Aplikasi Mapan.
  11. Setelah Gagal COD satu kali (1x), Ketua Arisan memiliki kesempatan untuk melakukan pembayaran sebanyak dua kali (2x) lagi untuk setoran tersebut melalui pilihan pembayaran yang ada.
  12. Tanggal setoran setelah Gagal COD akan mundur sebanyak 7 (tujuh) hari.
  13. Setelah Gagal COD sebanyak tiga kali (3x) untuk setoran arisan tersebut maka Kelompok Arisannya tersebut akan dibatalkan secara otomatis.
  14. Saat Pembatalan Arisan pengembalian kelebihan pembayaran akan diinformasikan melalui Aplikasi Mapan.
  15. Kocokan Arisan Mapan dilakukan otomatis oleh sistem, bukan seperti kocokan tradisional pada umumnya.
  16. Ketua Arisan akan mendapatkan pemberitahuan pemenang setiap periodenya dalam H-7 Tanggal Setoran melalui SMS dan/atau Aplikasi Mapan.
  17. Barang tidak dapat diganti ketika Arisan sudah berjalan. Barang Arisan harus ditentukan di awal dan tidak boleh diganti dengan barang lain.
  18. Ketua Arisan berhak mendapatkan komisi dari Arisan Mapan karena telah menjadi Ketua Arisan dan menyelesaikan jalannya kelompok arisan. Komisi akan terus bertambah pada setiap periode dan diberikan di setoran akhir arisan dengan metode potong setoran arisan terakhir.
  19. Komisi untuk kelompok arisan yang dibatalkan akan dianggap hangus.
  • Perubahan Anggota
  1. Jumlah Anggota dalam kelompok yang sedang berjalan tidak dapat diubah.
  2. Ketua Arisan dapat melakukan pembatalan 1 (satu) Anggota Arisan melalui menu bantuan di Aplikasi Mapan.
  3. Jumlah Anggota Arisan yang dibatalkan untuk setiap kelompok Arisan maksimal 1 (satu) Anggota Arisan.
  4. Jumlah setoran Arisan untuk kelompok yang telah dibatalkan 1 (satu) Anggota Arisan akan disesuaikan dan diinformasikan melalui Aplikasi Mapan.
  • Pengembalian/Retur Barang
  1. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila:
    1. Barang diterima dalam keadaan rusak;
    2. Segel atau bungkus barang rusak saat diterima;
    3. Barang tidak berfungsi;
    4. Barang yang diterima tidak sesuai deskripsi katalog; atau
    5. Barang yang diterima bukan merupakan barang yang dipesan.
  2. Ketua Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan dengan cara mengirimkan langsung ke alamat retur yang tertera dalam stiker pengembalian. Pelanggan dapat mengirim paket pengembalian dengan menempelkan stiker pengembalian pada barang yang mau dikembalikan.
  3. Keluhan ataupun permintaan pengembalian (retur) barang hanya dapat dilakukan dalam waktu 10 (sepuluh) hari sejak barang diterima oleh Ketua Arisan.
  4. Permintaan pengembalian (retur) barang setelah melewati 10 (sepuluh) hari sejak barang diterima Ketua Arisan tidak dapat diproses oleh Arisan Mapan dan tidak akan mendapatkan penggantian apapun.
  • Pengiriman Barang
  1. Seluruh barang akan diantarkan langsung ke alamat Ketua Arisan. Khusus untuk barang berat, seperti kulkas, mesin cuci, furniture, dan produk lainnya yang berkategori dropship akan diantarkan langsung ke alamat Anggota Arisan.
  2. Barang akan diterima paling lambat 14 (empat belas) hari setelah Tanggal Setoran.
  3. Ketua Arisan dapat mengetahui status pengiriman barang melalui Aplikasi Mapan.
  • Pembatalan Kelompok
  1. Selain pembatalan 1 (satu) Anggota Arisan, Pembatalan kelompok Arisan harus dilakukan untuk satu kelompok.
  2. Ketua Arisan dapat menghubungi Melati melalui menu bantuan di  untuk proses pembatalan kelompok.
  • Promosi, Bonus, dan Penyimpanannya
  1. Promosi resmi dari Arisan Mapan adalah yang diumumkan melalui  dari akun resmi Arisan Mapan ataupun di sosial media resmi Arisan Mapan.
  2. Mapan berhak melakukan perubahan hadiah promosi dalam bentuk barang lain, saldo Mapan ataupun bentuk lainnya dengan pemberitahuan jika barang hadiah tidak tersedia ataupun tidak memenuhi kualitas yang diharapkan.
  3. Mapan berhak untuk merubah cara pemberian, skema komisi dan bonus, serta metoda penyimpanan komisi dan bonus di kemudian hari tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu dari Ketua Arisan.
  • Pembatalan Pendaftaran Ketua Arisan

Pembatalan Pendaftaran Ketua Arisan dapat dilakukan sewaktu-waktu, dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Bagi Ketua Arisan yang masih belum memiliki transaksi, dapat mengajukan pembatalan dengan menghubungi Melati di 1500127;
    2. Bagi Ketua Arisan yang sudah memiliki transaksi pembelian atau sudah memiliki kelompok, maka dalam proses pembatalan Ketua Arisan wajib untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi pembelian yang masih dalam proses;
    3. Bagi Ketua Arisan untuk melakukan pencairan komisi dan bonus dalam waktu maksimal 6 (enam) bulan sejak transaksi terakhir di Aplikasi Mapan atau 1 (satu) bulan sejak pembatalan Ketua Arisan melalui menu bantuan di Aplikasi Mapan;
    4. Apabila seorang Ketua Arisan telah menyatakan mengundurkan diri dan telah diproses pengunduran dirinya melalui Melati, maka secara otomatis seluruh Ketua Arisan Binaannya akan tetap sebagai jaringan Arisan Mapan;
    5. Seorang Ketua Arisan yang telah sah mengundurkan diri dari keanggotaan, dapat mengajukan kembali keanggotaannya dengan menempuh prosedur Ketua Arisan baru setelah 1 (satu) bulan sejak tanggal pengunduran diri. Pengajuan kembali setelah jangka waktu tersebut harus dilakukan ulang sesuai prosedur pengajuan awal.
  • Status Anda sebagai Ketua Arisan
  1. Status Anda sebagai Ketua Arisan saat mendaftarkan diri di Aplikasi Mapan;
  2. Pengakhiran status sebagai Ketua Arisan dapat terjadi apabila Ketua Arisan melakukan:
  1. Melakukan pembatalan sesuai poin 2.h diatas.
  2. Melakukan larangan yang disebutkan pada Batasan, Hak dan Kewajiban Ketua Arisan dan Anggota Arisan.
  3. Tidak melakukan transaksi Arisan Mapan dalam waktu 1 (satu) tahun sejak tanggal transaksi Arisan Mapan terakhirnya.
  4. Ketua Arisan meninggal dunia.
  • Pengakhiran seketika terjadi apabila:
  1. Ketua Arisan dengan sengaja merusak nama baik Arisan Mapan dan afiliasinya; dan
  2. Ketua Arisan melakukan tindakan penipuan dan penggelapan terkait dengan transaksi dan keanggotaan Arisan Mapan.
  3. Melakukan pelanggaran terhadap kode etik / kebijakan / prosedur yang berlaku di Mapan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dengan memberitahukan pemberitahuan tertulis kepada Anda.
    1. Dalam hal Mapan memberhentikan status Anda sebagai Ketua Arisan sebagaimana disebutkan dalam poin (c) di atas, maka Mapan memiliki hak untuk menutup ataupun tidak memberikan akses Akun Ketua Arisan dalam Aplikasi;
    2. Penyalahgunaan status Ketua Arisan dapat berakibat fatal dan Mapan tidak akan segan-segan untuk melaporkan Anda kepada pihak yang berwajib.
  • Kriteria Ketua Arisan

Kriteria Ketua Arisan ditentukan oleh Mapan dan dapat berubah tanpa persetujuan Ketua Arisan terlebih dahulu.

  • Kewajiban Ketua Arisan
    1. Ketua Arisan wajib untuk mematuhi kode etik / kebijakan / prosedur yang ditetapkan oleh Mapan, termasuk namun tidak terbatas kepada syarat dan ketentuan Ketua Arisan;
    2. Ketua Arisan wajib untuk mematuhi undang-undang dan peraturan hukum yang berlaku;
    3. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar pada saat mendaftar menjadi Ketua Arisan;
    4. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar tentang produk Arisan Mapan serta barang yang dijual di dalamnya kepada Anggota Arisan;
    5. Ketua Arisan wajib memastikan Kelompok Arisannya berjalan dengan baik dan lancar dan tidak terjadi tunggakan;
    6. Ketua Arisan wajib menyetorkan uang setoran dari Anggota Arisan ke Arisan Mapan sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan oleh sistem;
    7. Ketua Arisan wajib menyerahkan barang yang diterima dari Arisan Mapan untuk Anggotanya dengan segera, dalam keadaan baik seperti pada saat diterima;
    1. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan wajib mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila merasa tidak pernah memesan barang yang diterima atau barang belum dibayar dan pesanan sedang dalam proses pembatalan;
    2. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan wajib mengembalikan barang retur dalam kondisi yang lengkap dan baik seperti pada saat semula menerima barang;
    3. Ketua Arisan wajib menjaga kode etik dalam berkomunikasi di media sosial serta dilarang memberikan informasi palsu di lingkungan Arisan Mapan seperti di grup Facebook Gugus Mapan, halaman Facebook Makin Mapan, Fitur Chat Rumpi di Aplikasi Mapan, Kopdar Arisan Mapan dan media komunikasi resmi lainnya.
  • Larangan Ketua Arisan
    1. Ketua Arisan dilarang menyetorkan uang arisan selain kepada tim kurir yang ditunjuk Mapan atau yang telah ditentukan oleh Mapan;
    2. Ketua Arisan dilarang melakukan setiap tindakan yang dilarang oleh hukum ataupun dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum yang berlaku;
    3. Ketua Arisan dilarang melakukan perbuatan asusila, penganiayaan, penghinaan, penipuan atau pengancaman pihak ketiga baik Anggota Arisan, Rekan Usaha lainnya ataupun pihak ketiga lainnya yang dapat merugikan;
    4. Ketua Arisan dilarang membujuk Rekan Usaha lain melakukan tindakan yang dapat diancam hukuman pidana;
    5. Ketua Arisan dilarang, baik dengan sengaja atau karena kelalaiannya, melakukan perbuatan atau membiarkan diri sendiri, Anggota Arisan, dan/atau Rekan Usaha lainnya berada dalam keadaan yang dapat menimbulkan bahaya ke masing-masing pihak;
    6. Ketua Arisan dilarang melakukan kegiatan, baik dengan sengaja atau karena kelalaiannya, yang dapat menghasilkan pencemaran nama baik Mapan, Anggota Arisan, karyawan dan afiliasi dari Mapan;
    7. Ketua Arisan dilarang memberikan informasi mengenai Mapan yang tidak disediakan oleh media resmi perusahaan termasuk namun tidak terbatas pada data pribadi Kader Pro, atau Ketua atau Anggota Arisan, seperti Nama Lengkap, Nomor telepon genggam, dan Alamat Rumah yang berpotensi disalahgunakan oleh Pihak yang tidak bertanggung jawab dan mematuhi Kebijakan Privasi yang terdapat di Aplikasi Mapan;
    8. Ketua Arisan dilarang menyalahgunakan nama dan aset Arisan Mapan untuk kepentingan pribadi, misalnya:
      1. Membuat perjanjian atas nama Mapan atau Arisan Mapan.
      2. Membuat program promosi pribadi mengatasnamakan Mapan atau Arisan Mapan.
  1. Menggunakan aset atau komunitas Arisan Mapan untuk mempromosikan produk atau layanan lain. (Harus dijelaskan bahwa promo tersebut bukan dari Mapan dan/atau komunitas Arisan Mapan).
    1. Kecuali diinstruksikan oleh Mapan secara tertulis melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Mapan, Ketua Arisan dilarang untuk memungut biaya untuk jasa yang diberikan kepada Anggota Arisan berdasarkan kerjasama dengan Mapan melalui Persyaratan ini, termasuk namun tidak terbatas kepada dalam memungut jumlah uang dalam bentuk ‘tips’ kepada Anggota Arisan;
    2. Ketua Arisan dilarang untuk meretas atau melakukan modifikasi Ponsel Pintar atau Aplikasi untuk tujuan lain apapun termasuk menggunakannya untuk segala macam aplikasi dan layanan yang dilarang oleh Mapan;
    3. Ketua Arisan dilarang untuk meminjamkan, menyewakan maupun mengalihkan Ponsel Pintar untuk tujuan akses Akun yang dimiliki Ketua Arisan dalam Aplikasi termasuk untuk pelayanan kepada Anggota Arisan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Mapan;
    4. Ketua Arisan dilarang mendaftarkan Anggota Arisan fiktif, dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Mendaftarkan seseorang sebagai Anggota Arisan tetapi orang tersebut tidak ada.
    1. Data yang didaftarkan dimanipulasi dalam arti identitas dan atau nomor ponsel orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian.
    2. Anggota Arisan yang dititipkan oleh orang lain termasuk Karyawan Mapan ke Ketua Arisan untuk membantu pencapaian atau performa dari Ketua Arisan.
    3. Anggota Arisan adalah Karyawan Mapan yang masih aktif. Termasuk didalamnya Karyawan Mapan outsourcing.
    4. Keluarga inti dari Karyawan Mapan yang masih aktif di kantor cabang, termasuk didalamnya Karyawan Mapan Outsourcing. Termasuk keluarga inti adalah pasangan (suami/istri), anak, dan orang tua.
  • Persetujuan
    1. Ketua Arisan menyetujui bahwa Mapan dapat menghubungi Ketua Arisan baik melalui telepon, media sosial, dan media komunikasi lainnya selama menjadi Ketua Arisan ataupun Rekan Usaha Mapan;
    2. Ketua Arisan menyetujui (i) untuk melaporkan kepada Mapan dengan segera apabila dirinya melakukan pelanggaran atas Persyaratan ini dan/atau kode etik / kebijakan / prosedur yang telah ditentukan ataupun mengetahui bahwa adanya pelanggaran Persyaratan ini dan/atau kode etik / kebijakan / prosedur yang dilakukan oleh Rekan Usaha Mapan lainnya dan (ii) untuk menerima dan menjalankan proses pemeriksaan serta sanksi yang diberlakukan oleh Mapan (jika terbukti melakukan pelanggaran) yang telah diinformasikan oleh Mapan maupun afiliasinya kepada Ketua Arisan sebelumnya melalui media komunikasi yang ditentukan Mapan;
    3. Ketua Arisan menyetujui bahwa semua risiko maupun kewajiban yang disebabkan oleh kelalaian Ketua Arisan merupakan tanggung jawab Ketua Arisan;
    4. Ketua Arisan menyetujui bahwa Mapan maupun setiap afiliasinya tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk kerugian tidak langsung yang meliputi kerugian keuntungan, kehilangan data, cedera pribadi atau kerusakan properti sehubungan dengan, atau diakibatkan oleh penggunaan Aplikasi Arisan Mapan, maupun kegiatan Anda sebagai Ketua Arisan;
    5. Ketua Arisan menyetujui bahwa Mapan tidak bertanggung jawab atas kerusakan, kewajiban, atau kerugian yang timbul karena penggunaan atau ketergantungan Ketua Arisan terhadap Aplikasi Arisan Mapan atau ketidakmampuan Ketua Arisan mengakses atau menggunakan Aplikasi Mapan;
    6. Ketua Arisan berjanji untuk membebaskan dan memberikan ganti rugi (apabila ada kerugian) kepada Mapan, para karyawan Mapan maupun afiliasi dari Mapan dari semua tuntutan maupun kewajiban yang mungkin timbul dikarenakan kelalaian Ketua Arisan sebagaimana dinyatakan dalam pasal ini maupun yang mungkin timbul dikarenakan pelanggaran Ketua Arisan atas Persyaratan;
    7. Ketua Arisan menyetujui bahwa apabila Ketua Arisan melanggar ketentuan dalam Persyaratan ini maupun kode etik / kebijakan / prosedur yang ditetapkan oleh Mapan maupun dalam hal Ketua Arisan tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditentukan oleh Mapan, Mapan mempunyai hak untuk memberikan sanksi kepada Ketua Arisan dalam bentuk yang ditentukan oleh Mapan, termasuk, namun tidak terbatas kepada, pemberian peringatan tertulis, pembatasan atau penolakan akses Ketua Arisan kedalam Akun Ketua Arisan dalam Aplikasi Mapan, pengakhiran Persyaratan ini maupun memproses tindakan Ketua Arisan melalui gugatan perdata (termasuk untuk ganti rugi) maupun pidana, sebagaimana berlaku.
  • Keberlakuan Syarat dan Ketentuan
  1. Syarat dan ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian kerja sama antara Mapan dan Ketua Arisan yang bersangkutan dan berlaku efektif sebagai perjanjian antara Mapan dan Ketua Arisan sejak Anda mendaftarkan diri sebagai Ketua Arisan dan/atau memberikan persetujuan Anda terhadap syarat dan ketentuan ini dengan cara menandatangani atau menyetujui secara elektronik syarat dan ketentuan ini;
  2. Dengan menyetujui syarat dan ketentuan ini Anda memiliki kewajiban untuk menaati setiap syarat dan ketentuan  yang tercantum pada dokumen ini;
  3. Setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Mapan, dapat diubah atau ditambahkan oleh Mapan dari waktu ke waktu, sehubungan dengan pendaftaran Akun dan penggunaan Aplikasi serta Persyaratan, sebagaimana berlaku, diinformasikan atau diumumkan kepada Anda melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh Mapan;
  4. Apabila Anda tidak setuju dengan Persyaratan ini, Anda tidak akan kami anggap sebagai Ketua Arisan;
  5. Mapan dan Anda merupakan rekan kerjasama dimana masing-masing merupakan subyek hukum yang berdiri sendiri dan independen. Syarat dan ketentuan ini tidak menciptakan hubungan ketenagakerjaan, outsourcing atau keagenan diantara masing-masing Mapan dan Anda.
  • Ketentuan Lain 

Penyelesaian Sengketa

Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan/atau pelaksanaan dari Persyaratan ini maka Mapan dan Ketua Arisan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang dimaksud dengan cara musyawarah. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka Mapan dan Ketua Arisan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Bentuk Perjanjian

Para Pihak sepakat dan setuju bahwa Perjanjian ini dapat dibuat dalam bentuk kontrak elektronik atau kontrak basah dan memiliki kekuatan hukum yang sama sehingga mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan.

  • Penggunaan informasi pribadi 
  1. Ketua Arisan menyetujui bahwa Mapan berhak untuk mengumpulkan dan menggunakan setiap informasi yang diberikan maupun dihasilkan oleh Ketua Arisan sebagaimana diatur juga dalam informasi tersebut termasuk namun tidak terbatas kepada Informasi Pribadi yang diberikan oleh Ketua Arisan pada saat penggunaan Aplikasi Arisan Mapan.
  2. Ketua Arisan dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan Aplikasi Mapan, baik informasi mengenai Mapan maupun mengenai Ketua Arisan, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari Mapan.
  • Keterpisahan

Jika ada salah satu dari Syarat dan Ketentuan ini dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan secara menyeluruh atau sebagian, maka berdasarkan hukum, ketentuan atau sebagian ketentuan ini harus dianggap sebagai bagian terpisah dari Perjanjian ini, tetapi keabsahan, keberlakuan, dan penerapan ketentuan lainnya dari Perjanjian ini tidak akan terpengaruhi.

Dalam hal ini, pihak-pihak akan mengganti bagian ketentuan yang sudah tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan dengan ketentuan yang berlaku, sah, dan dapat dilaksanakan dan yang, sedapat mungkin, memiliki efek serupa seperti bagian ketentuan yang tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan sebagian, dengan mempertimbangkan isi dan tujuan Perjanjian ini.

  • Persetujuan Para Pihak 

Persetujuan Para Pihak Perjanjian ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara kontrak elektronik maupun basah oleh Mapan dan Ketua Arisan dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah menandatangani persetujuan, ini maka Ketua Arisan dianggap telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat & Ketentuan Ketua Arisan dengan penuh tanggung jawab.