SYARAT DAN KETENTUAN ARISAN MAPAN

 

Batasan, Hak dan Kewajiban Ketua Arisan dan Anggota Arisan

    1. Mitra Usaha Mapan adalah anggota mandiri jaringan pemasaran atau penjualan barang dan atau jasa Mapan, yang terdaftar di dalam sistem informasi Mapan dan bukan merupakan bagian dari struktur organisasi perusahaan yang memasarkan ataupun menjual barang dan atau jasa kepada anggota Mapan secara langsung yang mendapatkan imbalan berupa Komisi ataupun Bonus Penjualan.
    2. Ketua Arisan Mapan adalah Mitra Usaha Mapan yang menjalankan Arisan Mapan, mulai dari mendaftarkan kelompok arisannya, mengumpulkan setoran dari anggotanya dari awal arisan sampai selesai.
    3. Pendaftaran Kelompok Arisan Mapan tidak dipungut biaya apapun.
    4. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar tidak lain dari yang sebenarnya pada saat mendaftar menjadi Ketua Arisan.
    5. Ketua Arisan wajib memberikan keterangan yang benar tentang produk Arisan Mapan serta barang yang dijual di dalamnya kepada Anggota Arisan.
    6. Ketua Arisan wajib memastikan Kelompok Arisannya berjalan dengan baik dan lancar dan tidak terjadi tunggakan.
    7. Ketua Arisan dilarang mendaftarkan Anggota Arisan fiktif, yaitu mendaftarkan orang sebagai Anggota Arisan tetapi orang tersebut tidak ada atau identitas orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian.
    8. Ketua Arisan dilarang mendaftarkan Ketua Arisan Binaan fiktif, yaitu mendaftarkan orang sebagai Binaan dari Ketua Arisan tetapi orang tersebut tidak ada atau identitas orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian.
    9. Ketua Arisan wajib menyetorkan uang setoran dari Anggota Arisan ke Arisan Mapan sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan oleh sistem.
    10. Ketua Arisan wajib menyerahkan barang yang diterima dari Arisan Mapan untuk Anggotanya dengan segera, dalam keadaan baik seperti pada saat semula pengiriman.
    11. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan wajib mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila merasa tidak pernah memesan barang yang diterima atau barang belum dibayar dan pesanan sedang dalam proses pembatalan.
    12. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan dilarang mengembalikan barang retur apabila tidak memenuhi satu atau beberapa alasan sesuai yang dicantumkan dalam Aplikasi Mapan.
    13. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan wajib mengembalikan barang retur dalam kondisi yang lengkap dan baik seperti pada saat semula menerima barang.
    14. Ketua Arisan tidak boleh memberikan informasi palsu di lingkungan Arisan Mapan seperti di grup Facebook Gugus Mapan, laman Facebook Makin Mapan, Fitur Chat Rumpi di Aplikasi Mapan, Kopdar Arisan Mapan dan kanal komunikasi resmi lainnya.
    15. Ketua Arisan tidak boleh mencemarkan nama baik Anggota Arisan (baik Anggotanya langsung maupun anggota dari Ketua Arisan lainnya), Ketua Arisan lain, Komunitas Gugus Mapan, Karyawan Mapan dan Arisan Mapan.
    16. Ketua Arisan tidak boleh menyalahgunakan nama dan aset Arisan Mapan untuk kepentingan pribadi, misalnya:
      1. Membuat perjanjian atas nama Mapan atau Arisan Mapan.
      2. Membuat program promosi pribadi mengatasnamakan Mapan atau Arisan Mapan.
      3. Menggunakan aset atau komunitas Arisan Mapan untuk mempromosikan produk atau layanan lain. (Harus dijelaskan bahwa promo tersebut bukan dari Arisan Mapan dan/atau komunitas Arisan Mapan).

Proses Pendaftaran Ketua dan Kelompok Arisan Mapan

    1. Tanggal Setoran adalah batas maksimal pembayaran untuk kelompok di periode tersebut.
    2. Kode Referensi adalah kode yang Ketua Arisan dapatkan dari  dimasukkan saat pendaftaran Ketua Arisan Binaan di Aplikasi Mapan. Jika Ketua Arisan tidak memiliki kode tersebut, kolom Kode Referensi dapat dikosongkan.
    3. Kode Promo adalah kode unik yang dimiliki oleh masing-masing Ketua Arisan atau Kode Promosi yang muncul di waktu tertentu. Ketua Arisan dapat memasukkan kode unik Ketua Arisan lain untuk saling mendapatkan keuntungan atau memasukkan Kode Promosi agar bisa mendapatkan keuntungan menarik.
    4. Ketua Arisan menggunakan Handphone milik sendiri yang sudah terinstal  untuk mendaftarkan kelompok secara mandiri.
    5. Ketua Arisan dapat mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Tidak ada batasan jumlah pengajuan Arisan. Selain itu, tidak ada pembatasan pula untuk jumlah Arisan yang sedang berjalan (sedang AKTIF). Ketua Arisan dapat memiliki arisan aktif sebanyak mungkin.
    6. Anggota Arisan dapat memesan lebih dari 1 barang dalam 1 kocokan.
    7. Periode Arisan adalah bulanan dengan jumlah anggota minimal adalah 4 orang dan maksimal 5 orang. Perihal adanya pilihan arisan bulanan untuk 10 orang, arisan tersebut hanya diperuntukkan untuk barang tertentu saja.

Pelaksanaan dan Pembayaran Arisan Mapan

    1. Kocokan pertama dimulai minimal 10 hari setelah Ketua Arisan mendapat SMS konfirmasi (tergantung Tanggal Setoran).
    2. Anggota Arisan rutin menyetorkan uangnya setiap periode kepada Ketua Arisan.
    3. Jumlah uang yang disetorkan oleh Anggota Arisan kepada Ketua Arisan adalah sejumlah Harga Barang dibagi dengan Jumlah Anggota. Jika barang yang dipilih berbeda, maka setoran tiap orang akan berbeda sesuai harga barangnya.
    4. Setelah menerima uang dari Anggota Arisan, Ketua Arisan wajib membayarkan setoran kelompok melalui tim Antar Mapan yang datang ke rumah Ketua Arisan / melalui Indomaret / melalui GO-PAY ataupun melalui metode pembayaran lainnya yang diinformasikan di Aplikasi Mapan.
    5. Setoran yang dibayarkan oleh Ketua Arisan setiap periode adalah sejumlah setoran kelompok di periode tersebut.
    6. Jika Ketua Arisan membayar setoran ke kelompok yang salah, maka segera hubungi Melati dalam 1×24 jam di menu bantuan Aplikasi Mapan.
    7. Jika terdapat Anggota Arisan yang tidak membayar uang setoran, maka Ketua Arisan atau Anggota Arisan lainnya dapat menanggung uang setorannya. Sehingga, pastikan Anggota Arisan yang bergabung di kelompok mempunyai komitmen untuk rutin membayar uang setoran.
    8. Jika pada Tanggal Setoran, setoran kelompok belum dibayar, maka status kelompok tersebut menjadi gagal bayar.
    9. Gagal Bayar adalah status arisan untuk kelompok yang setoran kelompoknya belum dibayar hingga Tanggal Setoran.
    10. Untuk kelompok arisan gagal bayar, pengiriman barang di periode tersebut dan periode selanjutnya akan dihentikan dan pilihan pembayaran melalui bayar di tempat tidak berlaku lagi. Pilihan pembayaran setelah gagal bayar hanya berlaku pembayaran melalui Indomaret, GO-PAY ataupun melalui pembayaran di kantor cabang logistik Mapan.
    11. Setelah gagal bayar satu kali1x , Ketua Arisan memiliki kesempatan untuk melakukan pembayaran sebanyak dua kali2x lagi untuk setoran tersebut melalui pilihan pembayaran yang ada.  
    12. Tanggal setoran setelah gagal bayar akan mundur sebanyak 7 hari.
    13. Setelah Gagal bayar sebanyak tiga kali3x untuk setoran arisan tersebut maka Kelompok Arisannya tersebut akan dibatalkan secara otomatis.
    14. Saat Pembatalan Arisan pengembalian kelebihan pembayaran akan diinformasikan melalui Aplikasi Mapan.
    15. Kocokan Arisan Mapan dilakukan otomatis oleh sistem, bukan seperti kocokan tradisional pada umumnya.
    16. Ketua Arisan akan mendapatkan SMS pemberitahuan pemenang setiap periodenya dalam H-7 Tanggal Setoran.
    17. Barang tidak dapat diganti ketika Arisan sudah berjalan. Barang Arisan harus ditentukan di awal dan tidak boleh diganti dengan barang lain.
    18. Ketua Arisan berhak mendapatkan komisi dari Arisan Mapan karena telah menjadi Ketua Arisan dan menyelesaikan jalannya kelompok arisan. Komisi akan terus bertambah pada setiap periode dan diberikan di setoran akhir arisan dengan metode potong setoran arisan terakhir.
    19. Komisi untuk kelompok arisan yang dibatalkan akan dianggap hangus.

Perubahan Anggota

    1. Jumlah Anggota dalam kelompok yang sedang berjalan tidak dapat diubah.
    2. Ketua Arisan dapat melakukan pembatalan 1 Anggota Arisan melalui menu bantuan di Aplikasi Mapan.
    3. Jumlah Anggota Arisan yang dibatalkan untuk setiap kelompok Arisan maksimal 1 Anggota Arisan.
    4. Jumlah setoran Arisan untuk kelompok yang telah dibatalkan 1 Anggota Arisan akan disesuaikan dan diinformasikan melalui Aplikasi Mapan.

Pengembalian/Retur Barang

    1. Ketua Arisan dan/atau Anggota Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan bila:
      1. Barang diterima dalam keadaan rusak;
      2. Segel atau bungkus barang rusak saat diterima;
      3. Barang tidak berfungsi;
      4. Barang yang diterima tidak sesuai deskripsi katalog; atau
      5. Barang yang diterima bukan merupakan barang yang dipesan.
    2. Ketua Arisan dapat mengembalikan barang yang sudah dikirimkan dengan cara mengirimkan langsung ke alamat retur yang tertera dalam stiker pengembalian. Pelanggan dapat mengirim paket pengembalian dengan menempelkan stiker pengembalian pada barang yang mau dikembalikan.
    3. Keluhan ataupun permintaan pengembalian (retur) barang hanya dapat dilakukan dalam waktu 10 hari sejak barang diterima oleh Ketua Arisan.
    4. Permintaan pengembalian (retur) barang setelah melewati 10 hari sejak barang diterima Ketua Arisan tidak dapat diproses oleh Arisan Mapan dan tidak akan mendapatkan penggantian apapun.

Pengiriman Barang

    1. Seluruh barang akan diantarkan langsung ke alamat Ketua Arisan. Khusus untuk barang berat, seperti kulkas, mesin cuci, furniture, dan produk lainnya yang berkategori dropship akan diantarkan langsung ke alamat Anggota Arisan.
    2. Barang akan diterima paling lambat 14 hari setelah Tanggal Setoran.
    3. Ketua Arisan dapat mengetahui status pengiriman barang melalui.

Pembatalan Kelompok

    1. Selain pembatalan 1 Anggota Arisan, Pembatalan kelompok Arisan harus dilakukan untuk satu kelompok.
    2. Ketua Arisan dapat menghubungi Melati melalui menu bantuan di  untuk proses pembatalan kelompok.

Promosi, Bonus, dan Penyimpanannya

    1. Promosi resmi dari Arisan Mapan adalah yang diumumkan melalui  dari akun resmi Arisan Mapan ataupun di sosial media resmi Arisan Mapan.
    2. Arisan Mapan berhak melakukan perubahan hadiah promosi dalam bentuk barang lain, saldo Mapan ataupun bentuk lainnya dengan pemberitahuan jika barang hadiah tidak tersedia ataupun tidak memenuhi kualitas yang diharapkan.
    3. Arisan Mapan berhak untuk merubah cara pemberian, skema komisi dan bonus, serta metoda penyimpanan komisi dan bonus di kemudian hari tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu dari Ketua Arisan.

Pembatalan Pendaftaran Ketua Arisan

    1. Pembatalan Pendaftaran Ketua Arisan dapat dilakukan sewaktu-waktu, dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Bagi Ketua Arisan yang masih belum memiliki transaksi, dapat mengajukan pembatalan dengan menggunakan menu bantuan di Aplikasi Mapan ;  
        2. Bagi Ketua Arisan yang sudah memiliki transaksi pembelian dalam proses untuk dapat memastikan bahwa tidak ada transaksi pembelian yang masih dalam proses;.
        3. Bagi seluruh Ketua Arisan untuk memastikan dalam waktu maksimal 6 Bulan sejak aktivitas transaksi produk ataupun jasa terakhir di Arisan Mapan atau 1 bulan sejak waktu pengunduran diri untuk melakukan pencairan komisi dan bonus yang ada melalui menu bantuan di Aplikasi Mapan.
    2. Pengakhiran status sebagai Ketua Arisan dapat terjadi apabila Ketua Arisan melakukan:
      1. Melakukan pengunduran diri secara sukarela:
        1. Seorang Ketua Arisan berhak mengundurkan diri dengan membuat surat pengunduran diri yang ditandatangani oleh Ketua Arisan dan diunduh melalui  dan disetujui oleh Arisan Mapan melalui sebagai bukti pengunduran diri.
        2. Apabila seorang Ketua Arisan telah menyatakan mengundurkan diri dan telah dinyatakan sah pengunduran diri oleh Arisan Mapan, maka secara otomatis seluruh Ketua Arisan Binaannya akan tetap sebagai jaringan kerja Arisan Mapan.
        3. Seorang Ketua Arisan yang telah sah mengundurkan diri dari keanggotaan, dapat mengajukan kembali keanggotaannya dengan menempuh prosedur Ketua Arisan baru setelah 1 (satu) bulan sejak tanggal pengunduran diri. Pengajuan kembali setelah jangka waktu tersebut harus dilakukan ulang sesuai prosedur pengajuan awal.
        4. Terkait komisi dan bonus dari Ketua Arisan setelah berakhirnya keanggotaan harus melakukan pencairan dalam waktu maksimal 6 Bulan terhitung sejak tanggal pengunduran diri.
      2. Melakukan Larangan yang disebutkan pada Batasan, Hak dan Kewajiban Ketua Arisan dan Anggota Arisan.
      3. Tidak melakukan transaksi Arisan Mapan dalam waktu 1 tahun sejak tanggal transaksi Arisan Mapan terakhirnya.
      4. Ketua Arisan meninggal dunia.
    3. Pengakhiran seketika terjadi apabila:
      1. Ketua Arisan dengan sengaja merusak nama baik Arisan Mapan dan affiliasinya; dan
      2. Ketua Arisan melakukan tindakan penipuan dan penggelapan terkait dengan transaksi dan keanggotaan Arisan Mapan.

Lain-Lain

Syarat dan Ketentuan ini dapat dimodifikasi dan diubah dari waktu ke waktu. Arisan Mapan akan memberitahu Mitra Usaha Mapan melalui Aplikasi dan/atau email atas modifikasi, dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan. Penggunaan aplikasi dan produk Arisan Mapan secara terus menerus setelah diterimanya pemberitahuan ini merupakan persetujuan dan penerimaan Mitra Usaha Mapan atas modifikasi, dan/atau perubahan.